Pemkab Samosir Berkomitmen mendukung dan Menyukseskan Pemilu 2024

by

GEOSIAR.COM, SAMOSIR – Bupati Samosir bersama Forkopimda melaksanakan kunjungan kerja di Aula AE. Manihuruk, Rabu (13/09/2023).

Diikuti peserta dari 3 Kecamatan yaitu, Pangururan, Simanindo dan Ronggur Nihuta yang menghadirkan Camat Kepala desa/lurah, BPD, Kasie Pemerintahan dari masing-masing desa. Turut hadir Asisten 1, Tunggul Sinaga, Kaban Kesbang Pol, Dumoch Pandiangan, Komisioner KPU, Barita Charles Malau, Ketua Bawaslu, Robinson Simarmata.

Kunjungan kerja bersama Forkopimda dalam rangka Untuk menyukseskan pemilu 2024, membahas isue strategis kesiapan Pemkab Samosir dalam menyukseskan pemilu, Kesiapan Pengamanan dan Penegakan Hukum terpadu, Menjaga ketertiban umum menjelang pelaksanaan pemilu dan isu strategis lainnya.

Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom mengatakan Pemerintah Kabupaten Samosir mendukung suksesnya pelaksanaan pemilu 2024. “Sebagai pemerintah daerah berkomitmen untuk memberikan fasilitasi dan bantuan kepada KPU dan Bawaslu Kabupaten Samosir dalam penyelenggaraan tugas, wewenang dan kewajibannya menyukseskan pemilu” kata Vandiko.

Disebutkan, bantuan dan fasilitasi yang telah dilakukan antara lain dengan menugaskan PNS pada sekretariat PPK, Panwascam, melibatkan aparatur/ aparat desa pada PPS yang berkedudukan di desa serta menyediakan kantor sekretariat. Mengalokasikan anggaran kepada KPU lebih kurang 8 Milyar dan 3 M untuk Bawaslu yang dianggarkan dalam P-APBD 2023. Sebelumnya Pemkab. Samosir telah menghibahkan lahan untuk pembangunan kantor KPU seluas 2.275 m²

Melalui peran Camat, Kepala Desa dan perangkat desa, Bupati Samosir berharap partisipasi pemilih dapat meningkat dari pemilu sebelumnya. Menjaga keamanan dan ketentraman dikalangan masyarakat.

Dalam meningkatkan partisipasi pemilih, langkah yang ditempuh Pemkab Samosir dengan melakukan sosialisasi pemilih pemula kepada siswa/i tingkat SMA, sebagai suatu upaya pendidikan politik bagi pemilih pemula dan akan berlanjut ke masyarakat umum, dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran memberikan hak pilih dan menghindari golput.

Lebih lanjut disampaikan bahwa Pemkab Samosir telah menghibahkan tanah seluas 2.275 m² untuk lokasi pembangunan kantor KPU Kabupaten Samosir. Mengalokasikan anggaran kepada KPU lebih kurang 8 Milyar dan 3 M untuk Bawaslu yang dianggarkan dalam P-APBD 2023.

Bupati Samosir mengingatkan seluruh aparatur pemerintah sebagai penyelenggara pemerintahan dan ASN untuk menjaga netralitas pada pemilu 2024 mendatang, dan bahkan akan melakukan tindakan tegas apabila terjadi pelanggaran atau berpolitik praktis.

“ASN, Kepala desa, BPD, Perangkat desa, Camat dan seluruh ASN untuk tetap menjaga netralitas. Menjaga ketentraman ketertiban, mengarahkan masyarakat berpartisipasi menyukseskan pemilu 2024. Mari satu arah menjaga kekondusifan” kata Vandiko.

Lebih lanjut, Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom mengatakan, kunjungan bersama Forkopimda untuk menyukseskan pemilu 2024, menampung isue lain dari desa/kelurahan maupun kecamatan. Melalui kunjungan tersebut Forkopimda Kabupaten Samosir dapat melakukan penyelesaian permasalahan dengan mengedepankan upaya deteksi dini, cegah dini dan penanganan dini penyelesaian berbagai permasalahan melalui pengambilan tindakan tertentu dalam keadaan mendesak yang sangat dibutuhkan oleh daerah dan/atau masyarakat. Pemeliharaan stabilitas sosial politik dan penyelenggaraan pemerintahan dalam negeri di daerah.

Kapolres Samosir, Yogie Hardiman mengatakan Polres Samosir siap dalam pengamanan pemilu maupun Pilkada tahun 2024 dengan kekuatan 231 personil. Memberdayakan 2/3 dari jumlah personil untuk pengamanan dilapangan, 1/3 lagi untuk pengaman di mako dan kegiatan Masyarakat. Untuk mengantisipasi ancaman keributan/konflik Polres Samosir telah menyurati Polda Sumut untuk penambahan personil BKO dari satuan Brimob maupun Sabara. Yogie memaparkan dari 465 TPS yang tersebar dalam 9 Kecamatan, telah memetakan tingkat kerawanan yaitu kriteria kurang rawan 405 TPS, Rawan 58, Sangat rawan 1 TPS dan 1 TPS khusus di Rutan Pangururan. Langkah lain yang dilakukan yaitu Penggalangan terhadap ketua parpol, lapisan masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dengan kegiatan patroli. Melakukan Rapat koordinasi dengan Gakkumdu mengenai modus dan kejahatan pemilu.

Polres Samosir juga telah melakukan Sispam kota setiap Sabtu sebagai upaya peningkatan kemampuan dan kualitas anggota menjelang pemilu 2024. “Pada intinya kami sudah siap dalam sisi pengamanan, dan saya berharap masyarakat ikut serta menyukseskan pemilu” ucap Yogie Hardiman.

Kajari Samosir Andi Adikawira Putera menyampaikan untuk kesuksesan Pemilu, Kejaksaan Samosir menyiapkan Posko pemilu yang dapat dijadikan sumber informasi terkait data dan tahapan, menyajikan data secara cepat, tepat, akurat kepada user terkait tahapan pemilu, meminimalisir pelanggaran pada setiap tahapan pemilu. Dalam menyukseskan pemilu 2024 Kejari Samosir mempunyai peranan aktif dalam keanggotan penegakan hukum terpadu (Gakkumdu) sebagai optimalisasi penanganan pidana pemilu, bergerak atas dasar adanya MoU dengan KPU yang pada pokok perjanjiannya merupakan upaya menyukseskan pemilu 2024.

Dandim 0210, Saiful Rizal mengatakan sebagai TNI yang profesional tetap netral , tidak berpolitik dan tidak memihak kepada salah satu kontestan dalam pemilu.
Dalam pemilu 2024, Pihak TNI siap membantu kepolisian, menjaga kekondusifan di kalangan masyarakat Samosir, dengan mengerahkan sebanyak 120 personil pada masa kampanye, dan masa tenang. Pada hari mengerahkan 250 personil pada saat pemungutan suara.

Saiful Rizal menghimbau agar Camat, Kepala Desa/Lurah memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan, selain menjaga lokasi geopark, disebutkan bahwa pihak TNI saat ini sedang melakukan reboisasi diwilayah Kabupaten Samosir.

Selain itu, Masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan lahan kosong dan pekarangan dengan menanam berbagai komoditas pertanian untuk menciptakan ketahanan pangan.(SS).