Presiden Tunjuk Menparekraf Sandiaga Uno jadi Menko Marves Ad Interim

by

GEOSIAR.COM, JAKARTA,– Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menjadi Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Ad Interim menggantikan sementara Luhut Binsar Pandjaitan yang dinas ke luar negeri.

Penunjukan itu tertuang dalam Surat Nomor B-795/M/D-3/AN.00.03/08/2023 tentang Penunjukan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim, yang ditandatangani Menteri Sekretaris Negara Pratikno tertanggal 18 Agustus 2023, yang dikutip di Jakarta, Minggu (20/8/2023).

Dalam surat itu tertulis: Berkenaan dengan surat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi nomor B-3432/MENKO/RT.01.00/VIII/2023 tanggal 16 Agustus 2023, hal Permohonan Izin Perjalanan Dinas ke Kenya, Tanzania, Mozambik dan Afrika Selatan tanggal 19 s.d. 26 Agustus 2023 serta Usulan Menteri Ad Interim, dengan hormat kami beritahukan bahwa Bapak Presiden berkenan menunjuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim selama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi melakukan perjalanan dinas keluar negeri.

Untuk diketahui Menko Luhut saat ini mendampingi Presiden Joko Widodo berkunjung ke sejumlah negara di Afrika.

Presiden Joko Widodo melakukan rangkaian kunjungan ke sejumlah negara di kawasan Afrika, yakni ke Kenya, Tanzania, Mozambik, dan Afrika Selatan, selama 20-25 Agustus 2023.

Kunjungan ini merupakan kunjungan perdana Jokowi ke kawasan Afrika, yang bertujuan untuk memperkokoh solidaritas di antara negara-negara selatan global.

Selain Luhut Binsar Pandjaitan, turut serta dalam kunjungan itu Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Komandan Paspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Sementara Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah lebih dulu bertolak ke Afrika untuk mempersiapkan kunjungan Presiden.

Presiden sebelumnya telah menunjuk Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sebagai Menlu Ad Interim sementara selama Menlu Retno berdinas ke Afrika.(red/ant)