Bupati Samosir Bawa Pelayanan Ke Desa Harian

by

GEOSIAR.COM, SAMOSIR РDalam rangkaian Bunga Desa, Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom memberikan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, Bupati Samosir berkantor di Desa Harian Kecamatan Onan Runggu, Kamis  (27/04/2023).

Tampak berbagai pelayanan pemerintahan ada disana diantaranya; pengurusan Adminduk, pengurusan izin berusaha, penyuluhan stunting, pengobatan gratis, pengurusan BPJS, pelayanan KB, pembukaan jalan usaha tani, pembuatan kompos organik cair (biosaka, ecoenzyme) dan padat. Selain itu Bupati Samosir juga memberikan hadiah bagi siswa berprestasi dan kurang mampu.

Bupati Samosir secara langsung mengecek kehadiran kepala desa dan perangkatnya. Didampingi Camat Onan Runggu, Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom mengatakan program Bunga Desa untuk mendekatkan berbagai pelayanan kepada masyarakat
“Terima kasih atas kerjasamanya, mari bekerjasama melayani masyarakat, sehingga pelayanan betul-betul dirasakan masyarakat.” ajak Bupati kepada Kepala desa dan seluruh perangkatnya.

Sebelum berdialog dengan masyarakat, Bupati Samosir meninjau satu persatu pelayanan, hal ini untuk memastikan seluruh masyarakat terlayani dengan baik. Masyarakat Desa Harian terlihat sangat antusias, memadati pelayanan. Produk UMKM (peyet bayam, penyet kacang, stik labu, sasagun, dodol ketan, lappet unti kelapa) tak luput menjadi perhatian Bupati Samosir. Disarankan agar produk UMKM dikemas dengan baik sehingga dapat meningkatkan nilai ekonomi.

Masyarakat Desa Harian bangga atas kehadiran Bupati. Kebanggaan masyarakat diungkapkan Tokoh masyarakat Desa Harian dan memberikan Ulos (mangulosi) kepada Bupati Samosir.
Kepala Desa Harian, Pardamean Lumbanraja sangat berterima kasih atas pelayanan dan kehadiran Bupati. Berharap kehadiran Bupati bersama OPD membawa pembangunan baik dibidang pertanian dan pariwisata.

Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom menyapa masyarakat Desa Harian. Disampaikan bahwa program Bunga Desa (Bupati/Wakil Bupati Samosir Ngantor di Desa) untuk memberikan dan mendekatkan pelayanan secara langsung kepada masyarakat, mendengar secara langsung keluhan masyarakat. Memotong birokrasi yang panjang, maka dengan Bunga Desa keluhan/ kendala dikalangan masyarakat dapat disampaikan langsung. “Kami bukan berkunjung tapi bekerja, melayani dan berkantor di desa. Kehadiran kami untuk melayani agar seluruh lapisan masyarakat dapat merasakannya secara langsung.” Ungkap Vandiko T. Gultom.

Pemerintah Kabupaten Samosir turun dan hadir ditengah masyarakat, memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat. Bupati Samosir memberikan pupuk organik gratis kepada 13 kelompok tani dan pelatihan pembuatan pupuk organik. Diharapkan, masyarakat jangan lagi mengeluh tidak ada pupuk karena pemerintah sudah hadir memberikan pelatihan pembuatan pupuk organik sebagai solusi kelangkaan pupuk kimia. Selain untuk kebutuhan dapat dijual menambah pendapatan. Jangan malas, mari sama-sama belajar, tambahnya.

Bupati Samosir juga mengerahkan Alat berat untuk membuka jalan secara gratis. Untuk itu masyarakat diharapkan bersedia membebaskan lahan. “Jangan berpikir rugi jika mengasih tanah, ketika sudah ada akses jalan maka akan menambah nilai. Silahkan dimanfaatkan dengan baik, koordinasi dengan kepala desa, seluruhnya gratis. Semua permohonan pembukaan jalan harus tuntas” tegas Vandiko.

Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom mengungkapkan seluruh desa di Kabupaten Samosir harus mendapat perlakuan.Pemerataan pembangunan pada setiap desa. Dengan keterbatasan anggaran, pembangunan harus tetap berjalan, besar kecilnya disesuaikan dengan anggaran. Dibagi pada seluruh desa sehingga sesuai ideologi adil dan makmur.

“Semoga pelayanan yang kami bawa bermanfaat dan membantu masyarakat. Inilah bentuk pelayanan kami, silahkan dimanfaatkan dengan baik” kata Vandiko mengakhiri.(SS)