Pencanangan ZI menuju WBK/WBBM Lapas Tebing Tinggi Kanwil Kumham Sumut, Kalapas: Jangan Sekedar Seremonial

by

GEOSIAR.COM, TEBING TINGGI,- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tebing Tinggi melaksanakan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dan Penandatanganan Perjanjian Kinerja, Rabu 25/01/2023.

Sebagai wujud langkah awal mendukung program pemerintah untuk melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan organisasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) yang baik, efektif dan efisien, sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat, dan professional dalam mewujudkan tata pemerintahan yang baik dan bersih (Good Governance and Clean Government) menuju aparatur Kementerian Hukum dan HAM yang bersih dan bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN). Bertempat di halaman lapangan apel, kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Lembaga Pemasarakatan (Kalapas) Anton Setiawan dan dihadiri oleh seluruh pejabat, staf, regu pengamanan dan CPNS.

Berlangsung pada pukul 13.00 WIB kegiatan tersebut diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars Kementerian Hukum dan HAM, pembacaan doa, kemudian pelaksanaan proses penandatanganan Piagam Pencanangan Pembangunan ZI, pakta integritas, serta Komitmen Bersama Pembangunan ZI Menuju WBK dan WBBM serta Penandatanganan Perjanjian Kinerja oleh Kalapas Kelas IIB Tebing Tinggi dan seluruh Pegawai.

Kalapas Anton dalam sambutannya berharap melalui kegiatan ini, bukan hanya sekedar formalitas atau seremonial melainkan sebagai pedoman dalam mewujudkan Lapas Tebing Tinggi yang bersih, melayani dan bebas dari praktik KKN.

“Baru saja kita melaksanakan penandatanganan pakta integritas dan penandatanganan piagam pencanangan pembangunan zona integritas di Lapas Tebing Tinggi, saya harap apa yang kita laksanakan pada hari ini bukan sekedar formalitas atau seremoni saja melainkan dihayati, dipedomani dan dilaksanakan sebagaimana mestinya sehingga penyemangat bagi seluruh jajaran dalam mewujudkan Lapas Tebing Tinggi yang bersih, melayani dan bebas dari praktik KKN.” jelas beliau dalam sambutannya.

Selain itu, Kalapas Anton menuturkan kegiatan ini sebagai wujud kesepakatan bersama dalam meraih predikat WBK Tahun 2023. “Pelaksanaan kegiatan ini juga menandai kesepakatan bersama kita untuk sepenuh hati dalam perjuangan merebut predikat WBK Tahun 2023, untuk itu dibutuhkan kerjasama dan koordinasi yang solid. Semua pihak harus saling bahu membahu berpartisipasi dalam memberikan yang terbaik bukan hanya tugas tim kelompok kerja (pokja) melainkan seluruh pegawai. Yang perlu diingat, jangan ada main-main dengan pungutan liar, gratifikasi ataupun korupsi. Seperti pepatah mengatakan karena nila setitik, rusak susu sebelanga. Karena perbuatan seseorang maka akan mencoreng nama baik Kementerian Hukum dan HAM khususnya Lapas Kelas IIB Tebing Tinggi”.(as)