Peduli Anak Yatim Piatu, Pemkab Samosir Salurkan Bantuan Sosial

by

GEOSIAR.COM, SAMOSIR – Sebanyak 527 anak yatim, piatu dan yatim piatu (YaPI) di Kabupaten Samosir menerima bantuan. Bantuan Sosial Atensi terhadap anak Yatim, Piatu dan Yatim Piatu diserahkan langsung Wakil Bupati Samosir secara simbolis di Kantor Cabang BNI Pangururan, Jumat (13/01/2023).

Turut mendampingi Wabup, Asisten II Hotraja Sitanggang, Kadis Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa F. Agus Karo-karo, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang dan Camat Pangururan Robintang Naibaho.

Masing-masing anak YaPI menerima Rp. 600.000, (enam ratus ribu rupiah) disalurkan melalui Bank BNI, Bank Mandiri dan PT. POS Indonesia. Bantuan Sosial Atensi anak yatim, piatu dan yatim Piatu merupakan langkah yang ditempuh pemerintah untuk meringankan beban dan memenuhi kebutuhan dasar anak, juga untuk mendorong keluarga untuk memberikan dukungan terhadap anak yatim, piatu dan yatim piatu di Kabupaten Samosir.

Dalam kesempatan ini, Wakil Bupati Samosir memberikan bimbingan dan motivasi kepada anak dan keluarga YaPI. Martua meminta agar Keluarga pengasuh/ Wali memanfaatkan bantuan dengan tepat, memenuhi hidup layak tumbuh anak, mengasuh anak dengan baik, meningkatkan aksebilitas anak untuk mempertahankan hidupnya.

“Ini merupakan atensi pemerintah pusat dan daerah. Gunakan sebaik-baiknya guna pemenuhan kebutuhan
dasar, kebutuhan pendidikan dan kesehatan” ungkap Martua.
Atas nama Pemkab Samosir, Wabup meminta BNI untuk menyalurkan bantuan dengan baik, melayani masyarakat dengan sabar. Semoga kedepannya bantuan untuk YaPI dan bantuan lainnya dapat kembali disalurkan melalui BNI, tambah Martua.

Kepala Cabang BNI Pangururan, Swardin menyampaikan, BNI bersemangat mendukung pemerintah dalam pelayanan Penyaluran bantuan. Selaku bank penyalur, Swardin berterima kasih atas kepercayaan pemerintah. “Kami berharap dukungan kerjasama kemitraan dapat berkesinambungan di pusat dan daerah. Penyaluran ini merupakan bentuk dukungan kami terhadap pemerintah dalam menyejahterakan ekonomi masyarakat, khususnya masyarakat yang disentuh bansos” kata Swardin.

Sementara itu, Kadis Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, F. Agus Karo-karo mengutarakan, bantuan untuk YaPI bersumber dari dana pusat melalui Kementerian Sosial RI. Penerima bantuan sosial berasal dari 9 Kecamatan di Kabupaten Samosir dengan jumlah 527 orang.(SS).