BPN Sergai Gencar Realisasikan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap

by

GEOSIAR.COM, SERGAI,- Kantor Pertanahan Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) gencar merealisasikan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang merupakan program secara nasional.

Demikian disampaikan Kepala Badan Pertanahan Sergai Ridwan Lubis saat ditemui di ruangannya, Selasa (10/1/2023).

Ridwan menyampaikan, PTSL ditujukan untuk mendaftarkan sebidang tanah pertama kalinya yang dilakukan di dalam suatu wilayah atau desa.

“Untuk tahun 2023, BPN Sergai menargetkan 11.060 sertifikat yang akan direalisasikan melalui program PTSL. Kemudian lintas sektoral dan redistribusi tanah masing-masing 1.000 sertifikat tanah,” jelas Ridwan.

Saat ini, lanjut Ridwan, BPN masih belum mendefinitifkan desa-desa mana yang akan dimasukkan dalam program PTSL. Untuk itu, BPN gencar melakukan sosialisasi dan menggandeng pemerintah desa.

“Sebaran desa untuk program PTSL di tahun ini masih belum ditetapkan. Kita masih gencar sosialisasi dengan pemerintah desa, sebab sebarannya nanti kita akan lihat potensi tanah mana saja yang akan disertifikatkan melalui program PTSL,” jelas Ridwan.

Ridwan menambahkan, program PTSL sangat bermanfaat untuk meningkatkan potensi desa sehingga secara tidak langsung nantinya akan menambah peningkatan ekonomi di desa.

“Melalui PTSL diharapkan tanah-tanah di desa-desa bisa disertifikatkan. Tentu ini akan membantu meningkatkan potensi desa,” tutup Ridwan. (LS)