Bupati Samosir Gelar Open House 2023.

by

GEOSIAR.COM, SAMOSIR – Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST menggelar “Open House” dalam menyambut Tahun Baru 2023, di Rumah Dinas Bupati Samosir, Pangururan, Jumat (6/1/2023).

Acara Open House dihadiri oleh Wakil Bupati Samosir Drs. Martua Sitanggang, MM, Kapolres Samosir AKBP, Josua Tampubolon, SH, MH, Pimpinan dan Anggota DPRD Samosir, Pj. Sekda, Pejabat Tinggi Pratama dan Administrator, Pimpinan Instansi Vertikal/BUMD, Camat, Ketua TP. PKK, Kepala Desa/Lurah, BPD, Kepala Sekolah, Tokoh Pemrakarsa, Mantan Bupati Samosir Periode 2005-2015 Ir. Mangindar Simbolon, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Ormas, LSM, Insan Pers dan Staf dilingkungan Pemkab Samosir.

Acara “Open House” diawali dengan kebaktian singkat yang dibawakan oleh Pdt. Tulus H.P. Sianturi, S.Th. Dalam khotbah nya yang diangkat dari 1 Petrus 2: 16-17, dikatakan bahwa hendaknya kita hidup sebagai orang yang merdeka namun berdampak bagi orang lain, bukan seperti mereka yang menyalahgunakan kemerdekaan itu untuk menyelubungi kejahatan-kejahatan. Hiduplah sebagai hamba Allah, yang selalu mengucap syukur, karna sejatinya hidup kita tidak ada yang sempurna namun melalui kuasa Tuhan, kita telah dimerdekakan secara daging dan rohani melalui Yesus Kristus.

Mewakili Tokoh Masyarakat Mangiring Naibaho dalam sambutannya menyampaikan selamat natal dan tahun baru 2023, semoga tahun ini menjadi tahun berkat, tahun rahmat dan tahun kebersamaan untuk seluruh warga Samosir dalam mengambil peran positif dalam pembangunan mencapai visi misi Samosir.

Mewakili Pimpinan OPD, Pj. Sekda Drs. Waston Simbolon menyampaikan permohonan maaf apabila ada kekurangan dan kekhilafan dalam menerjemahkan instruksi Bupati dan Wakil Bupati dalam mensejahterahkan masyarakat.
“Kedepan kami akan berupaya maksimal dalam berbuat yang terbaik sebagai bukti komitmen kami dalam mendukung program Bupati dan Wakil Bupati demi kesejahteraan masyarakat”, ujarnya.

Hal serupa juga disampaikan Camat Ronggur Nihuta Bresma Simbolon mewakili seluruh Camat. Disampaikan Pemerintah Kecamatan dan Desa siap bersinergi dalam menjalankan roda pemerintahan.

Mewakili Forkopimda, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Samosir Pantas Maroha Sinaga, mengharapkan seluruh elemen dapat berbuat nyata dalam mendukung program pemerintah Kabupaten Samosir.
“Hal hal kecil jangan kita buat menjadi penghambat pembangunan di Samosir. Untuk itu mari kita saling bergandeng tangan memberi peran positif sesuai bidang kita masing masing”, katanya.

Kapolres Samosir AKBP. Josua Tampubolon, SH, MH menambahkan bahwa momentum open house ini hendaknya kita jadikan sebagai doa ucapan syukur kepada Tuhan. Karena beberapa tahun sebelumnya, Dunia dilanda pandemi Covid-19. “Doa kita semoga Tahun 2023 ini lebih baik dari tahun sebelumnya”, harapnya.

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST dalam sambutannya menyampaikan hendaknya menjadi momen mempererat tali silaturahmi dan momentum untuk bertekad bangkit kembali membangun diri dan masyarakat dengan nilai-nilai moral yang lebih baik, dan terus berupaya melakukan perubahan dalam berbagai aspek. Membangun semangat baru untuk berkerja, mengevaluasi program untuk mencapai cita cita pembangunan Samosir.

“Saya menghimbau kepada seluruh jajaran perangkat pemerintahan agar kita bersinergi dan bergotong royong, dalam melakukan percepatan realisasi program pembangunan kedepan”, tegasnya.

Disampaikan, tahun 2023 beberapa target yang harus dicapai Pemkab Samosir. Di bidang kesehatan target 100 persen untuk BPJS gratis bagi masyarakat kurang mampu. Di bidang pendidikan akan terus berkomitmen dalam memberikan pendidikan gratis bagi siswa kurang mampu dan berprestasi. Di bidang pertanian, Bupati tetap berkomitmen untuk pemberian pupuk dan bibit gratis, juga melakukan berbagai kerjasama dengan daerah lain untuk penyaluran hasil-hasil pertanian, sehingga para tengkulak tidak memonopoli harga dipasar. Di bidang pariwisata, Bupati meminta Disbudpar membuat desain dan konsep yang jelas dalam mengembalikan kejayaan pariwisata.

“Semua itu dapat kita capai, jika kita semua bergandeng-tangan, gotong royong dan saling membantu. Semoga Tahun 2023 menjadi tahun kebangkitan bagi kita dan perekonomian kita cepat pulih. Bangkit lebih kuat, pulih lebih cepat”, harapnya.

Terakhir, Bupati Samosir menyampaikan terimakasih kepada Forkopimda dan semua pihak, sehingga pengamanan libur Nataru berjalan baik dan kondusif.

Disela-sela acara, hadir juga Walikota Tanjung Balai H. Waris Thalib, S.Ag, M.M.
Rangkaian acara Open House Bupati Samosir 2023, juga dihibur oleh Nabasa Trio, Arghado Trio, Nauli Sister, Dongan Trio, Family Trio, Nagojor Band dan artis lokal lainnya.(SS).