Refleksi Akhir Tahun 2022 : Anggota DPR RI Hendrik Sitompul Belum Genap Setahun Sudah Temui 300 Ribu Konstituen  

by

Foto : Anggota DPR RI Drs Hendrik H Sitompul MM saat menggelar Temu Pers di Jakarta, Kamis (29/12/2022). (ist)

 

GEOSIAR.COM, JAKARTA,- Refleksi akhir Tahun 2022, Anggota DPR RI Drs Hendrik H Sitompul MM Fraksi Partai Demokrat Komisi VII. Sejak dilantik 18 Februari 2022 hanya berkisar 10 bulan atau belum genap setahum ditugaskan di Komisi VII, telah melakukan ratusan kegiatan/program dan diperkirakan sudah bertemu 300 ribu konstituen.

“Saya, Hendrik Sitompul yang dilantik menjadi Anggota DPR-RI dari
Partai Demokrat pada tanggal 18 Februari 2022, dengan penugasan pada Komisi VII yang membidangi Energi, Sumber Daya Mineral, perindustrian, Badan Riset dan
Inovasi Nasional (BRIN). Belum genap satu tahun sejak dilantik, sudah melakukan ratusan kegiatan/program dan diperkirakan sudah tatap muka  dengan 300 ribu konstituen,” kata Hendrik Sitompul, dalam siaran Pers-nya  yang diterima wartawan di Jakarta, Kamis (29/12/2022).

Untuk memastikan hal tersebut, Hendrik Sitompul menjelaskan, syukuran dan serap aspirasi sudah dilaksanakan sebanyak 23 kali : sekali dengan tokoh tokoh katolik, kelompok kategorial, pastor/suster dan DPPH, sekali dengan keluarga besar Yayasan Don Bosco diperkiraian 5 ribu massa dan 21 kali dengan umat di Paroki yang meliputi; Paroki Tanjung Selamat, Paroki Padang Bulan, Paroki Diski, Paroki Hayam Wuruk, Paroki Deli Tua, Paroki Namo Pencawir, Paroki Bandar Baru, Paroki Tiga Juhar, Paroki Simalingkar B, Paroki Helvetia, Paroki Katedral, Paroki Saribu Dolok,

Selanjutnya, Paroki Lubuk Pakam, Paroki Sei Rampah, Paroki Tebing Tinggi, Paroki Mandala, Paroki Medan Timur, Paroki Kristus Raja, Paroki Martubung, dan Paroki Pasar Merah.
“Peserta yang hadir dalam kegiatan di setiap paroki sejumlah 200 hingga 500 peserta. Kegiatan dilaksanakan pada bulan Februari hingga Juni 2022. Jadi, diperkirakan sudah bertemu ratusan ribu koñstituen hanya dengan waktu berkisar 5 bulan,” tegasnya.

Selain itu, menghadiri Undangan Acara-Acara Gereja Katolik. Menghadiri acara-acara perayaan di 20 paroki, diperkirakan mencapai 5 ribu diantaranya :
-Menghadiri Perayaan Pesta Kristus Raja tahun 2022 Paroki St. Joseph Tebing Tinggi, Acara PRA-KYD Orang Muda Katolik Se-Vikariat Hayam Wuruk II,
-Menghadiri acara Perayaan Ekaristi, serta Peresmian Gereja Stasi St Lukas Tanjung Bampu dan Paskah Lansia, Perbakat, Paroki Santa Katarina Tiga Juhar, Tanjung Bampu, Deli Serdang
-Menghadiri Paskah disabilitas oleh Keuskupan Agung Medan dan lain sebagainya.

Selanjutnya, menghadiri dan turut memberikan suport secara langsung bagi konsituen yang ikut melaksanakan kompetisi di PESPARANI Nasional. Diperkirakan dihadiri ratusan peserta

Secara khusus, Hendrik Sitompul juga tidak lupa untuk Silaturahmi dan Serap Aspirasi
Deniminasi Gereja Tetangga. Diantaranya :
– Syukuran dan Silaturahmi Ke Praeses HKBP Distrik X
– Menghadiri Penggalangan Dana Gereja HKBP di Medan
– Syukuran dan Kunjungan ke GKPI di Siantar, GKPS di Simalungun, HKI Pusat di Siantar dan Gereja Pentakosta di
Siantar. Total massa mencapai 5 ribu.

Selanjutnya, Sinergitas Program Bersama Mitra Komisi VII diantaranya BRIN (Badan Riset Inovasi Nasional), 1. Beasiswa penyelesaian tugas akhir bagi mahasiswa S1 S2 dan S2.
2. Bimbingan Teknis, tentang literasi digital, digital marketing, info grafis/video
grafis, olah hasil pertanian/perikanan.
Dilaksanakan 18 kali dengan 130 – 150 orang peserta, total 2700 peserta.

Sinergitas bersama KESDM (Kementrian Energi & Sumber Daya Mineral). Diantaranya :  1. Bantuan pasang listrik baru bagi warga kurang mampu sebanyak 830 KK. 2. Pemasangan 191 PJUTS di gereja Paroki/stasi. 3. Konverter Kit dari BBM ke BBG untuk mesin kapal dan mesin pompa pertanian di wilayah Deli Serdang dan Serdang Bedagai berjumlah 1.300 paket. Dihadiri ratusan undangan.

Selanjutnya, sinergitas dengam KEMENPERIN (Kementrian Perindustrian). Diantaranya : 1. Melakukan Bimbingan
Teknis industri dasar sebanyak 12 kali, dengan total 2400 orang. Dengan topic: Pembengkelan, Konveksi, pengolahan hasil pertanian/pangan, pembuat sabun.

2. Pelatihan 3in1 di Balai Diklat Industri Medan
Sinergitas bersama BIG (Badan Informasi Geospasial) Sosialisasi Informasi Geospasial Pemetaan Batas Administrasi Wilayah
Desa/Kelurahan.bagi 150 orang Pemerintah Desa dan Camat di Kab. Deli Serdang

Sinergitas dengan PLN (Perusahaan Listrik Negara), melalui Program Bantuan Pasang
Baru Listrik (BPBL) di Deli Serdang dan Serdang Bedagai.Program Penerangan
Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) di Dapil Sumut 1.

Selanjutnya, sinergitas dengan SKK MIGAS (Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi). Diantaranya : Bantuan Sembako. Pelatihan 3in1 di Balai Diklat Industri Medan. Diperkirakan dihadiri ratusan peserta.

Hendrik Sitompul, tidak lupa dengan  “Jangan Jemu Berbuat Baik”. Kali ini Program Bantuan Kepada Masyarakat : pertama khusus dengan umat Katolik.  Bantuan dana pembangunan dan renovasi Gereja di beberapa Paroki, diantaranya Paroki Namo Pencawir, Paroki Deli Tua, Paroki Lubuk Pakam, Paroki Bandar Baru, Paroki Tiga Juhar, Paroki St. Yoseph Tebing Tinggi, Paroki Simalingkar B, ParokiDiski, Stasi Dr. Mansyur, Stasi Johor, Stasi Selambo, Stasi Sukodono, Stasi Petapahan, Stasi Pakam, Stasi Perbaungan
dan Pastoral Stasi St. Yoseph. Secata langsung Hendrik Sitompul bertatap muka dengan jemaat total keseluruhan diperkirakan 50 ribuan.

-Bantuan Pembangunan Gua Maria Ratu Segala Bangsa Paroki Padang Bulan
-Bantuan Inventaris Gereja dan Lembaga Pendidikan (Keyboard, Speaker, Mic dan Kipas Angin).
Dukungan dana untuk kegiatan umat : retreat omk, orang tua, perayaan natal/paskah, ulang tahun pelindung, kegiatan Ormas Katolik Pelantikan dan kegiatan Internal, Pelatihan, dll. Jumlah keseluruhan massa mencapai 5 ribu.

Selanjutnya, bantuan untuk Gereja Protestan diantaranya : Pelaksanaan Kegiatan Revitalisasi Kantor HKBP Bantuan Pembangunan & Renovasi Gedung
Gereja HKBP dan GKPS, Pembangunan dan
Renovasi Rumah Dinas Pendeta, Bantuan
pelaksanaan kegiatan Tahun Kesehatian disejumlah Gereja HKBP. Hendrik Sitompul juga hadir secara langsung untuk memberi bantuan dan bertemu jemaat yang diperkirakan mencapai 5 ribu.

Dilanjutkan dengan Safari Natal, dengan memberi bantuan sembako bagi umat dan bagi kelompok yang membutuhkan. Hendrik bertemu dengan yang membutuhkan mencapai 50 ribu secara bertahap dan diluar katolik mencapai 8 ribu.

Dijelaskan, guna melaksanakan tiga fungsi DPR RI antara lain fungsi legislasi, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan. Diantaranya, memberikan masukan terhadap kebijakan kebijakan yang dilaksanakan mitra komisi VII DPR RI. Menyampaikan aspirasi masyarakat dari Dapil Sumatera Utara I.

Diantaranya, mengunjungi sejumlah SPBE, Agen Elpiji 3 Kg dan Pangkalan. Serta mengumpulkan sejumlah SPBE, Agen dan pangkalan secara kontinu, dengan jumlah peserta mencapai ribuan.

Selain itu, pelaksanaan RDP dilaksanakan dalam lima (5) kali masa sidang selama 1 tahun dengan melibatkan mitra Komisi VII DPR RI antara lain;
1. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
2. Kementerian Perindustrian
3. Badan Risel dan Inovasi Nasional (BRIN)
4. Badan Pengatur Hulu Minyak dan Gas (BPHMigas)
5. SKK Migas
6. PT Pertamina
7. Perusahaan Listrik Negara
8. Mind ID dan Sub Holding seperti PT Antam, PT Bukit Asam, PT Freeport, PT Inalum, PT Timah.
Selanjutnya, Kunjungan Kerja Komisi. Pelaksanaan kunjungan kerja dilaksanakan di beberapa wilayah dengan mitra komisi VII DPR RI diantaranya;
-Pabrik Minyak Goreng Sunco di Kota Bekasi
-Pertambangan Pasir Laut di Kepulauan Riau
-PT Pupuk Indonesia di Gresik, Jawa Timur
-PT Santos Jaya Abadi (Kapal Api) di Sidoarjo, Jawa Timur
-PT Sinar Sosro di Denpasar, Bali
-PT Kilang Pertamina Internasional Unit V Balikpapan
-PT Semen Baturaja di Palembang, Sumatera Selatan
-PT Sababay Winery di Gianyar Bali
-PT PLN Unit Induk Distribusi Jateng
-PT Pertamina Hulu Rokan, Riau.

Sebelumnya, Hendrik Sitompul mengatakan, usai dilantik dirinya Silaturahmi dengan Mgr Ignatius Kardinal Suharyo di Keuskupan Agung Jakarta, Kompleks Gereja Katedral Jakarta.

Selanjutnya, mendapat kesempatan dikunjungi Bapa Uskup Keuskupan Agung Medan, Mgr Kornelius Sipayung OFMCap di ruangan kerja Anggota DPR RI, Gedung DPR / MPR RI Jakarta.

Silaturahmi terus berlanjut, kali ini  menerima berkat dari Ephorus HKI, Ephorus GKPS dan Bishop GKPI.

Menerima kunjungan para Pastor, Para suster dan
konstituen di Gedung DPR RI Jakarta.

Selain itu, acara Bimtek Pengolahan Ikan Berbasis Jelly Fish oleh Kesusteran di Hotel Madani Bersama Agus Harimurti, dengan jumlah peserta 150. Acara Pesta Pelindung Paroki St. Perawan Maria yang Dikandung Tanpa Noda dan Peringatan HUT 143 tahun Katedral Medan. Diperkirakan dihadiri ribuan jemaat. (cno/*)