Bupati/Wakil Bupati Samosir Hadiri Peresmian Tugu Raja Sidauruk

by

GEOSIAR.COM, SAMOSIR – Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST bersama Ketua Umum Pomparan Raja Sidauruk Boru Bere, Ibebere, Se – Indonesia (PURASIBI) Pintor Dapot Sidauruk, ST melakukan penandatanganan prasasti peresmian Tugu Raja Sidauruk di Lumban Dolok, Desa Simanindo, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Rabu (28/12/2022).

Turut mendampingi Bupati, Pj. Sekda Drs. Waston Simbolon, Asisten Pemerintahan dan Tata Praja Drs. Tunggul Sinaga, Sekretaris DPRD Ricky SH. Rumapea, Kepala Dinas PMPTST Pilipi Simarmata, Kepala BPBD Sarimpol Simanihuruk, dan Camat Simanindo Hans R. Sidabutar. Hadir juga dalam kesempatan tersebut Anggota DPRD Samosir Haposan Sidauruk dan jajaran pengurus PURASIBI.

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST saat penandatangan prasasti, atas nama pemerintah dan masyarakat menyampaikan selamat dan sukses atas pesta peresmian Tugu Raja Sidauruk dan acara marsombu sihol keturunan Raja Sidauruk.

“Semoga tugu ini menjadi tugu yang menyatukan seluruh keturunan Raja Sidauruk di seluruh dunia”, ujar Vandiko.

Bupati juga mengapresiasi dengan adanya acara yang akan berlangsung selama 2 (dua) hari ini, dapat membantu perekonomian masyarakat khusunya pelaku wisata dan pelaku UMKM di Samosir.

Tak lupa, Bupati berharap para perantau khususnya keturunan Raja Sidauruk agar mendukung program pembangunan di Kabupaten Samosir dan mendukung pelaku usaha UMKM dengan membeli produk-produk UMKM sebagai oleh-oleh khas dari Samosir.

Bupati Samosir juga menyampaikan permohonan maaf untuk acara puncak, Kamis (29/12), beliau tidak bisa hadir dikarenakan ada tugas ke Medan. Namun, Pemkab Samosir akan tetap hadir melalui Wakil Bupati Samosir.

Ketua Umum PURASIBI Pintor Dapot Sidauruk, ST pada kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Bupati Samosir, karena ditengah-tengah kesibukannya menyempatkan diri untuk menghadiri dan menandatangi prasasti peresmian Tugu Raja Sidauruk.

Dikatakan, dengan motto “Sidauruk Marsada, Sidauruk Jaya”, kedepan PURASIBI akan menjadi tugu yang hidup yang akan mendukung program pembangunan di Kabupaten Samosir, khususnya dibidang pendidikan dengan program bantuan beasiswa dan bantuan kepada keluarga yang kurang mampu.

Pada acara puncak, Kamis (29/12), Wakil Bupati Samosir Drs. Martua Sitanggang, MM didampingi Ketua TP. PKK Ny. Harta M. Sitanggang, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Hotraja Sitanggang, Kadis Kominfo Immanuel TP. Sitanggang, Camat Simanindo Hans R. Sidabutar, hadir dan menyampaikan selamat dan sukes atas Peresmian Tugu Raja Sidauruk, Pelantikan Ketua Umum PURASIBI dan jajaran DPP, serta pesta Marsombu Sihol Pomparan Raja Sidauruk.

Wabup Martua Sitanggang menyampaikan bahwa berdirinya Tugu Raja Sidauruk ini merupakan bukti nyata dan buah dari adanya kebersamaan diantara keturunan Marga Sidauruk.

“Saya juga menyampaikan selamat kepada Ketua Umum Dan Pengurus DPP PURASIBI terpilih, semoga kedepan PURASIBI semakin maju dan dapat memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan di Kabupaten Samosir”, ujar Martua.

Wabup juga menyampaikan bahwa kegiatan ini selain sebagai bentuk pelestarian adat istiadat Batak, juga menjadi edukasi kepada generasi muda agar ingat akan asal usul dan kampung halamannya.(SS)