Bupati Samosir Serahkan Bantuan Peralatan Bagi Pelaku UMKM

by

GEOSIAR.COM, SAMOSIR – Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST, didampingi Kadis Kopnakerindag Rista Sitanggang, Kadis Kominfo Immanuel TP. Sitanggang menyerahkan bantuan peralatan kepada pelaku UMKM, Peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi dan Pedagang Pasar yang ada di Kabupaten Samosir. Acara penyerahan bantuan dilaksanakan di Balai Latihan Kerja Kabupaten Samosir, Komplek Perkantoran Parbaba, Rabu (28/12/2022).

Kadis Kopnakerindag Rista Sitanggang, S.Pd, M.Pd dalam laporannya menyampaikan sasaran penerima bantuan adalah pengembangan usaha mikro dengan orientasi peningkatan skala usaha menjadi usaha kecil kepada 33 kelompok usaha mikro, bantuan peralatan kepada 125 orang peserta pelatihan berbasis kompetensi di UPTD BLK, dan bantuan timbangan sebanyak 200 buah kepada pedagang yang ada di Kabupaten Samosir. Bantuan tersebut bersumber dari APBD Samosir TA. 2022 dengan jumlah dana sebesar Rp. 892.305.585.

Bantuan yang diberikan berupa Benang Halus kepada pelaku usaha tenun, Kemasan Kertas, Kemasan Plastik dan Kemasan Botol kepada pelaku usaha mikro, Mesin Penggiling Bubuk, Mixer Kue, Mesin Pengiris Bawang, Mesin Pengiris Keripik, Mesin Peniris, Kuali, Mesin Coffee Maker, Mesin Pengemas Sachet untuk pelaku usaha olahan hasil pertanian. Untuk pelaku usaha kerajian diberikan bantuan berupa Mesin Bor, Mesin Ketam, Mesin Pemotong, Mesin Potong Kayu, Mesin Aplas dan Gerinda. Untuk peserta pelatihan kompetensi diberikan peralatan Mesin Jahit Listrik, Hair Dryer dan peralatan salon, dan 200 buah timbangan untuk pedagang pasar di Kabupaten Samosir.

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST dalam arahannya menyampaikan agar para penerima bantuan memanfaatkan sebaik-baiknya dalam rangka peningkatan kualitas produk UMKM di Samosir.

“Pemkab Samosir akan terus berkomitmen dan berupaya meningkatkan kompetensi pelaku usaha dan kualitas produk UMKM hingga ke pemasaran nantinya”, tandasnya.

Maka dengan pemberian bantuan ini, Bupati mengharapakan pelaku UMKM di Samosir bisa naik kelas dengan melek teknologi digital untuk mendekatkan produk hasil usaha kepada konsumen.

“Kita bangga, bahwa Presiden kita sangat mendukung usaha UMKM. Dengan slogan Bangga dengan Produk Lokal, maka tidak ada alasan bagi kami untuk tidak mendukung bapak ibu sekalian”, tandasnya.

Dinas Kopnakerindag selaku leading sektor diminta agar memanfaatkan Gedung BLK untuk peningkatan kompetensi pelaku usaha dan melakukan pendampingan dengan menyediakan instruktur yang handal.

“Saya minta juga Dinas Kopnakerindag agar membangun sinergitas dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat dengan mengajukan proposal bantuan peralatan yang dibutuhkan bagi pelaku UMKM kita”, ujar Bupati.

Diakhir arahannya, Bupati Vandiko menyampaikan bahwa Samosir sebagai KSPN Super Prioritas, menjadi ruang dan kesempatan bagi pelaku usaha untuk memberikan layanan dan produk usaha yang terbaik bagi wisatawan, sehingga akan menjadi oleh-oleh khas dari Samosir.

*Bupati Monitoring Harga dan Cek Ketersediaan Bapokting di Pasar Onan Baru*

Usai menyerahkan bantuan kepada para pelaku UMKM di BLK, Bupati Samosir didampingi OPD teknis melakukan monitoring harga dan cek ketersediaan bahan pokok penting di Pasar Onan Baru, Pangururan, sekaligus memberikan bantuan timbangan kepada pedagang pasar.

Monitoring tersebut dilakukan dalam rangka memonitor ketersediaan bahan pangan, pendistribusian dan stabilisasi harga selama Libur Natal dan Tahun Baru, khususnya bahan pokok strategis diantaranya beras, jagung, bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, daging, daging ayam, telur ayam, gula pasir dan minyak goreng.

Dari pantauan monitoring, secara umum di Pasar Onan Baru Pangururan harga masih relatif stabil dan terjangkau.(SS).