Bupati Samosir Apresiasi Pelaksanaan Gebyar Long Beach Sebagai Upaya Pelestarian dan Promosi Danau Toba

by

GEOSIAR.COM, SAMOSIR – Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom mengapresiasi Gebyar Long Beach yang diselenggarakan di Komplek Vantas Hotel, Jumat (23/12/2022).

Gebyar Long Beach menampilkan lomba Vocal Solo, Trio dan atraksi wisata, kuliner, UMKM dan panggung spektakuler dihibur artis lokal dan ibukota . Juga sebagai promosi pariwisata di Kabupaten Samosir. Gebyar ini diselenggarakan swasta, pengusaha hotel Vantas sebagai dukungan terhadap pariwisata pantai di Kabupaten Samosir. Long Beach sepanjang 22 KM akan ditata sebagai daya tarik wisatawan ke Kabupaten Samosir.

Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom mengapresiasi peran panitia Long Beach yang menggagas acara dan mengeluarkan dana sendiri melakukan suatu gerakan untuk memperkenalkan long beach dengan berbagai kegiatan yang menghibur masyarakat.

“Atas nama Pemerintah dan Masyarakat menyampaikan selamat dan apresiasi kepada panitia Gebyar Long Beach Samosir.
Salut, tidak ada proposal ke Pemkab tapi acara ini dapat berjalan dengan baik” ucap Vandiko saat membuka Gebyar Long Beach.

Menurutnya, kegiatan ini membuktikan kerjasama Pemkab dan swasta berjalan dengan baik. Penataan Long Beach merupakan pengamanan dan pelestarian sempadan Danau Toba. Long beach akan
mengintegrasikan pantai sepanjang 22 KM, sepanjang pantai akan ditata sebagai salah satu daya tarik pariwisata Samosir.

Long Beach sepanjang 22 KM ini memiliki keunggulan, tepat menghadap Gunung Pusuk Buhit yang merupakan titik awal peradaban suku Batak. Untuk itu, Bupati berharap, pembangunan fasilitas dan rumah disepanjang Long Beach ditata dengan baik dan menghadap ke Danau dan Pusuk Buhit.

Vandiko mengharapkan acara ini menjadi penyemangat bagi pihak swasta yang lain untuk melakukan hal yang sama. “Siapa saja yang mau melakukan acara disepanjang long beach ini, kami dari Pemkab Samosir sangat mendukung” ungkap Vandiko.

Ketua Panitia Gebyar Long Beach, Pernando Sitanggang mengungkapkan, Gebyar Long Beach sebagai upaya promosi pariwisata di Kabupaten Samosir. Mempertunjukkan fasilitas yang tersedia di Long Beach seperti Banana Boat, speed boat, sepeda motor listrik, Go Car, ATV. Fasilitas ini dapat digunakan pengunjung untuk menikmati wahana pantai di Long Beach. Disampaikan bahwa kegiatan akan menjadi Kalender tetap, event yang berkelanjutan di Long Beach.

Pemilik Hotel Vantas, Ober Gultom sebagai penyelenggara acara mengatakan, Long Beach merupakan konsep pembangunan bersama masyarakat. Memberdayakan pantai sepanjang 22 KM, menyatukan semua jalur pantai. Sebagai pihak swasta, Ober yakin dengan konsep ini akan menarik minat investor untuk berinvestasi di Kabupaten Samosir.

“Beach merupakan suatu tempat yg bisa menampung seluruh perkembangan masyarakat. Long Beach akan menjadi kunjungan wisatawan luar dan dalam negri. Tidak ada kata lain, Samosir Harus maju siapapun pemimpinya” kata Ober.

Melalui acara ini, Ober berharap para perantau batak untuk memberikan perhatian dan senantiasa mengingat dan berpartisipasi dalam pembangunan di Kabupaten Samosir. Long Beach mengangkat kearifan lokal dan membangkitkan UMKM Samosir, tambahnya

Mewakili Forkopimda, Wakil ketua DPRD Samosir, Nasib Simbolon bersama Pantas M.Sinaga mengapresiasi Gebyar Long Beach. “Long Beach harus dilestarikan untuk kemakmuran masyarakat. Memberdayakan dan meningkatkan perekonomian masyarakat” kata Nasib.

Ditambahkan, untuk mempercepat penataan long beach perlu di push melalui program daerah dan pusat. Dimasukkan dalam RPJMD Samosir, DPRD bersedia membahas untuk mengalokasikan anggaran. (SS).