10 Penyuluh Pertanian dari Padang Sidempuan Studi Banding Budidaya Bawang Merah di Samosir

by

GEOSIAR.COM, SAMOSIR – Sebanyak 10 orang penyuluh pertanian dari Padang Sidempuan Tapanuli Selatan lakukan studi banding dalam melihat budidaya bawang merah yang dilakukan oleh kelompok tani binaan Dinas Ketapang dan Pertanian Kabupaten Samosir, Rabu (14/12/2022).

Kesepuluh penyuluh pertanian diterima dengan baik oleh Kadis Ketapang dan Pertanian Tiur Gultom, dan mendapat sambutan yang baik dari Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom di sela- sela penyerahan bantuan pertanian kepada kelompok tani.

Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom mengatakan terima kasih, sama- sama transfer ilmu dan saling tukar informasi dan sukses.

Budidaya bawang merah merupakan salah satu program unggulan dari 10 program pembangunan daerah Kabupaten Samosir, melalui pemberian pupuk dan bibit gratis oleh Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom dan Wakil Bupati Martua Sitanggang.

Kepala UPTD Padang Sidempuan Agus Salim Simangunsong mengatakan bahwa mereka memilih Kabupaten Samosir menjadi tujuan studi banding adalah atas keberhasilan budidaya bawang di youtube sangat jelas di Samosir, tuturnya.

Agus Salim Simangunsong juga mengatakan kelebihan rasa bawang Samosir adalah aromanya dan rasa pedasnya lebih tinggi, jelasnya.

Ditambahkan juga akan ada rencana kerjasama dengan berkunjung kembali seraya akan melaporkan kepada Walikota, pungkasnya.

Kadis Ketapang dan Pertanian Kabupaten Samosir Tiur Gultom menyampaikan, “Kabupaten Samosir Tahun 2022 mendapatkan program kampung bawang dari Kementan sebanyak 40 hektar, dan dari Propinsi 10 hektar. Sedangkan dari pemkab Samosir hampir 29 hektar, serta akan menyusul 10 hektar lagi dari propinsi. Dimana dari 40 bantuan Kementan dan 10 hektar dari Propinsi sudah berproduksi dengan baik, dan itu sudah dikirimkan diberbagai media dan dilihat teman- teman dari UPTD Padang Sidempuan, ujarnya. (SS)