Sambut Nataru, Polres Sergai Siapkan 4 Pospam dan 2 Posyan

by

GEOSIAR.COM, SERGAI,- Dalam rangka pengamanan (Pam) Natal dan Tahun Baru (Nataru), Polres Serdangbedagai (Sergai) akan menyiapkan 4 pos pengamanan (Pospam) dan 2 pos pelayanan (Posyan), dengan melibatkan 456 personel berasal dari Polri/TNI, Dinas Perhubungan, Satpol-PP dan instansi terkait lainnya.

“4 Pospam yang disiapkan yakni di Kecamatan Perbaungan, Pantaicermin, Seirampah dan Dolokmasihul. Sedangkan 2 Posyan yaitu di rest area A dan B,” ujar Kapolres Sergai diwakili Wakapolres, Kompol Sofyan saat memimpin rapat koordinasi (Rakor) eksternal dalam rangka Pam Nataru di Aula TMC Mapolres Sergai di Seirampah, Rabu (14/12/2022).

Kompol Sofyan mengungkapkan dalam pelaksanaan Pam Nataru, anggaran yang tertampung hanya untuk 50 personel. Sementara, personel yang dilibatkan dari seluruh instansi sebanyak 456 personel. Untuk itu, pihaknya mengharapkan partisipasi dan kerjasama dari Pemkab Sergai.

Dia juga mengharapkan semua Pospam dan Posyan agar diisi dan melibatkan personel dari masing-masing instansi terkait yang dilibatkan.

Sementara itu, Bupati Sergai diwakili Asisten I, Hj Nina Deliana Hutabarat mengatakan kegiatan Pam Nataru harus dilaksanakan secara serius dan waspada.

“Terkait kekurangan dukungan anggaran, akan dicarikan solusi, dan akan kami laporkan kepada pimpinan,” katanya.

Selain 456 personel yang dilibatkan, lanjut Nina, Pemkab Sergai juga telah menyampaikan kepada pihak Kesbangpol, kecamaatan dan desa, untuk turut membantu dalam Pam Nataru supaya situasi Kabupaten Sergai aman dan kondusif.

“Pemkab Sergai mendukung pelaksanaan kegiatan ini, dan semoga berjalan aman dan lancar. Masing-masing OPD agar maksimal dalam mendukung pelaksanaan kegiatan ini,” tegasnya.

Dandim 0204/DS diwakili Danramil 10/Seirampah, Kapten Inf Sucipto menyatakan, Kodim 0204/DS mendukung penuh giat Pam Nataru, serta akan melibatkan Babinsa, baik dalam Pam gereja maupun di Pospam dan Posyan.

“Agar kita sama-sama saling mendukung. Mohon agar pihak Pemkab Sergai menyampaikan kepada masing-masing Kades untuk melaporkan jika ada orang baru yang datang sehingga kita dapat memonitor situasi,” sarannya.

Kabag Ops Polres Sergai, Kompol LS Siregar saat menyampaikan paparan terkait rencana pengamanan menyampaikan bahwa Pam Nataru merupakan operasi kepolisian terpusat dalam bentuk terbuka dan tertutup, dengan sandi “Ops Lilin Toba”. Berlangsung selama 11 hari, terhitung mulai 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023, yang didahului dengan kegiatan kepolisian rutin yang ditingkatkan (Giat KRYD).

Selanjutnya, Rakor juga diisi diskusi dan sumbang saran dari instansi terkait demi kelancaran pelaksanaan Pam Nataru.

Rakor diikuti Kadis Perhubungan Sergai Gunawan JW Hasibuan, Kasat Pol-PP M Wahyudi, Kadisporaparbud Zulfikar, Kadis Lingkungan Hidup (LH) diwakili Kabid LH Mulyanto, Densubdenpom Tebingtinggi diwakili Peltu AP Siahaan, Kepala PLN Seirampah diwakili MULP Pelanggan Ahmad Suriaman, Kepala Stasiun Kereta Api Perbaungan DT M Hidayat A, dan M Anam dari PT JMKT, Kasiwas Polres Sergai AKP Eryuzalman, Kapolsek Perbaungan AKP M Pandiangan, Kasat Lantas Iptu Andita Sitepu, Kapolsek Pantaicermin Iptu M Tambunan beserta para Kasubbag dan KBO. (LS)