Seribuan Umat Hadiri Pesta Pelindung dan HUT 143 Paroki St Perawan Maria, Siap Dukung Hendrik Sitompul Pileg 2024

by

GEOSIAR.COM MEDAN,- Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat Drs Hendrik H Sitompul MM menghadiri acara Pesta Pelindung dan sekaligus perayaan ulang tahun 143 Paroki St.Perawan Maria Yang Dikandung Tanpa Noda Katedral Keuskupan Agung Medan dan perayaan acara Pentahbisan am Uskup Agung Mgr,Cornelius Sipayung OC yang ke 23 yang diadakan di lokasi gereja Katedral Keuskupan Agung Medan pada Minggu (11/12/2022). Dihadiri seribuan umat yang memadati tempat berlangsungnya acara dan sekaligus digelar bazar.

“Yang Saya hormati Bapak Uskup Agung Mgr. Cornelius Sipayung, OFM.Cap, para Pastor, para suster dan bapak/ibu yang saya kasihi. Salam sejahtera bagi kita semua”, kata Hendrik Sitompul mengawali sambutannya, pada pertemuan itu. Demikian keterangan resmi yang diterima Redaksi Geosiar.com, Selasa (13/12/2022).

Hendrik Sitompul menjelaskan, sebagai anggota DPR RI dari Komisi VII yang bermitra dengan Pertamina, PLN, SKK Migas, Gas, BRIN, Kementrian Perindustrian dan Kementrian ESDM. Menurut Hendrik, begitu banyak program-program dari mitra komisi 7.

“Saya harapkan tahun depan, program-program tersebut dapat lebih bermanfaat bagi umat dan gereja. Saya dibesarkan dari gereja. Dan setelah menjadi anggota DPR RI, kembali ke geteja untuk melayani. Yang pasti, saya dan keluarga sudah berkomitmen untuk melayani umat dan gereja”,kata Hendrik semangat.

Dirinya, lanjut Hendrik, berencana akan mengikuti Pemilihan Legislatif (Pileg) anggota DPR RI untuk tahun 2024. “Apakah bapak/ibu setuju?”, tanyanya.

” Setuju”, jawab semua hadirin secara serentak.

“Selamat merayakan Pesta Pelindung dan Hari Ulang Tahun ke 143 Katedral Keuskupan Agung Medan dan selamat kepada Bapak Uskup Agung, atas Pentahbisan Imam yang ke 23. Semoga semua acara berjalan aman dan lancar”, harap Hendrik

Sementara itu, Uskup Agung Mgr.Cornelius Sipayung, OFM Cap mengatakan, selamat untuk kita semua atas Pesta Pelindung dan ulang tahun ke 143 Paroki St.Perawan Maria Yang Dikandung Tanpa Noda Katedral Keuskupan Agung Medan. Dan selamat Pentahbisan Imam bagi saya yang ke 23.

 

Pelindung kita, kata Uskup, benar-benar Bunda Allah, itulah Bunda Maria, Santa Perawan Maria yang dikandung tanpa noda. Saya mau menyapa kita dengan tema ini. Dua kata pertama, berjalan bersama. Kalau mau berjalan cepat, berjalanlah sendiri. Tapi kalau mau berjalan aman, tenang dan terjamin sampai ke tujuan, berjalanlah bersama.

Saudara-saudara sekalian, lanjut Uskup, tema berjalan bersama sengaja dipilih dalam rangka Sinode para Uskup sedunia oleh Paus Fransiscus. Mengapa berjalan bersama?”, tanya Cornelius.

 

“Paus di Roma melihat bahwa kecenderungan manusia adalah berjalan sendiri-sendiri ditengah keramaianpun, maunya sendiri, asyik dengan gadget. Kalau ada acara bersama, maunya cepat-cepat pulang. Di komunitas ada rekreasi bersama, doa bersama, kumpul bersama, kalau bisa cepat-cepat selesai. Dalam keluarga, lebih cenderung sendiri di kamar, makan bersama tidak ada lagi, makan sendiri-sendiri dan bersamapun tidak ada lagi”, ungkap Cornelius.

Melalui perayaan ini, kata Uskup, kita diingatkan untuk berjalan bersama untuk membangun persekutuan dan mendukung panggilan. Melalui tema ini, kita diingatkan untuk berjalan bersama sebagai umat Keuskupan Agung Medan. Inilah arah Pastoral kita”,tutup Cornelius.

Adapun perayaan Pesta Pelindung dan acara ulang tahun ke 143 dirayakan dengan pemotongan nasi tumpeng yang dibagi-bagikan ke para Pastor, suster dan tokoh seperti Hendrik Sitompul. Dan juga diramaikan dengan acara tari-tarian, vocal grup dari Agatha Song, serta penarikan lucky draw dengan hadiah utama 1 unit sepeda motor yang disumbangkan oleh Hendrik Sitompul.

Mewakili Pastor, RD Sesarius Petrus mengatakan, pandemi covid 2019-2021, kita mengalami penurunan kegiatan ibadah. Kali ini, kita coba untuk kembali membangkitkan semangat umat beriman. Yang didalam 2 tahun ini meredup, oleh karena pandemi covid 19.

“Harapan kita ditahun 2023, akan semakin lebih baik situasi kehidupan kita. Lalu tema ini sebagaimana iman berjalan bersama membangun persekutuan dan mendukung panggilan ini berlangsung dengan baik pula”, ungkap Sesarius.

“Terima kasih kepada Bapak Hendrik Sitompul, sejak kita merayakan ulang tahun Paroki yang ke 140, Pak Hendrik Sitompul selalu hadir bersama kita. Jadi jangan pilih warnanya, tapi pilih orangnya. Kita harapkan nanti tahun 2024, apa yang menjadi harapan kita, cita-cita kita mengutus Pak Hendrik Sitompul untuk menyuarakan suara kita agar itu terwujud”, kata Sesarius.

“Hidup Pak Hendrik Sitompul, hidup Pak Hendrik Sitompul”, seru peserta pesta Pelindung secara serentak.(cno/ptr)