Pekan ini, KPU Sergai Akan Gelar Seleksi Wawancara Bagi Calon PPK

by

GEOSIAR.COM, SERGAI,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serdang Bedagai telah mengumumkan nama nama perserta yang lulus ujian Computer Assisted Test (CAT).

Ujian yang dilaksanakan pada 6 hingga 7 Desember tersebut dilakukan di SMK Ini Dolok Masihul Kabupaten Sergai.

Komisioner KPU Sergai Ardiansyah Hasibuan mengatakan, sejak awal pendaftaran sebanyak 624 orang telah mendaftarkan diri sebagai calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Sejak awak pendaftaran ada 624 yang mendaftarkan, namun yang melengkapi berkas ada 431 dan lulus administrasi 356 orang. Dan hasil ujian sudah kita umumkan pada hari ini,” kata Ardiansyah, Kamis (8/12/2022).

Ardiansyah menyebutkan, pada saat pelaksanaan ujian CAT ada 28 perserta yang tidak hadir tanpa pemberitahuan kepada KPU.

“Tapi ada yang tidak hadir saat ujian itu sebanyak 28 orang dan itu memang tidak melaporkan kepada kita,” ujar dia.

Usai pelaksanaan ujian, KPU lanjut Ardiansyah akan melaksanakan uji wawancara terhadap 15 orang dengan nilai tertinggi di masing masing Kecamatan.

Katanya, test wawancara akan dilaksanakan pada Minggu hingga Senin di kantor KPU Kabupaten Serdang Bedagai. Ardiansyah tets wawancara adalah tahapan terakhir dari rangkaian perekrutan PPK.

“Setelah ini akan ada test wawancara, dimana 15 orang dengan nilai tertinggi akan mengikuti wawancara dimana 5 orang tiap Kecamatan akan direkrut menjadi anggota PPK,” ujar dia.

Dalam tets wawancara nantinya, setiap peserta akan ditanya mengenai wawasan kebangsaan, tugas dan fungsi PPK serta pengetahuan seputar Pemilu.

“Untuk wawancara nanti menyangkut wawancara kebangsaan dan pengetahuan seputar tugas dan fungsi PPK dan Pemilu. Kita berharap siapa pun yang dinyatakan lulus dapat mengemban tanggung jawab dengan baik,” tutupnya. (LS)