Ratusan Nelayan Hadiri Pelatihan Pengolahan Ikan Laut Kerjasama BRIN,  Hendrik Sitompul : Semoga Bermanfaat

by

GEOSIAR.COM, SERGAI – Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat Drs Hendrik Sitompul MM membuka kegiatan Pelatihan Pengolahan Ikan Laut untuk pangan yang dihadiri ratusan nelayan di Hotel Theme Park, Pantai Cermin, Serdang Bedagai (Sergai), Senin (5/12/2022). Dalam sambutannya Hendrik Sitompul menyampaikan, bahwa ia adalah Anggota DPR RI yang dari masyarakat, kembali kepada masyarakat kiranya dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan masyarakat.

“Saya anggota DPR RI yang dari masyarakat kembali ke masyarakat lagi. Saya melihat apa saja yang menjadi kebutuhan masyarakat dan memuatnya dalam suatu program untuk dapat dinikmati oleh bapak/ibu sekalian”, ujar Hendrik

Hendrik Sitompul dengan menggandeng Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mempunyai komitmen penting dalam pelatihan itu  Serta berharap, pelatihan dapat diberikan sebaik mengkin dan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

“Saya mempunyai komitmen untuk menyampaikan program pelatihan pengolahan ikan laut. Jadi, kami berharap ibu-ibu sekalian manfaatkan pelatihan ini”, tegasnya. “Mudah-mudahan apa yang didapatkan hari ini bisa dikembangkan oleh bapak ibu sekalian”, harapnya.

Gizi Ikan

Dalam rangka kegiatan Pelatihan Pengolahan Ikan Laut Untuk Pangan yang diselenggarakan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bersama anggota DPR RI Fraksi Demokrat, Drs. Hendrik Sitompul.

Tuti Wahyuni hadir sebagai narasumber dan memberikan edukasi kepada para nelayan tentang manfaat kandungan gizi pada ikan. Dalam pemaparan materinya, Tuti Wahyuni menyampaikan bahwa manusia harus memenuhi gizi dalam hidupnya.

”Kita manusia harus memenuhi 4 kebutuhan dalam hidup, yaitu Protein, Karbohidrat, Lemak, Vitamin”.

Tuti Wahyuni Mengatakan bahwa, ikan laut mengandungan gizi yang sangat besar dibandingkan ikan yang diperkotaan dapat berpengaruh terhadap nilai gizi pada ikan.

“Protein saat konsumsi ikan laut, sebesar (18%-20% ) dan itu hanya untuk ikan segar yang artinya ikan langsung dari laut. Ibu-ibu disini bersyukur sekali, karena dekat laut. Kandungan ikan laut besar sekali gizinya, dibandingkan dengan yang tinggal diperkotaan ataupun yang tinggal diluar pulau dan itu mempengaruhi nilai gizinya”. Ujar Tuti.

Selanjutnya Tuti Wahyuni mengatakan bahwa, kadar lemak pada ikan sangatlah kecil dan bagus untuk kulit dan anak anak.

“Kita juga harus paham dan tau, bahwa kandungan ikan laut lemaknya kecil dan tidak seperti hewan yang ada di darat. Jadi, jika kita makan ikan laut, sebanyak apapun itu tidak bikin lemak. Ikan laut juga bagus untuk kulit kita, karena mengandung kolagen. Selain itu ikan laut lemaknya juga, bagus untuk anak-anak karena mengandung Omega3”, lanjut Tuti.

Tuti Wahyuni mengungkapkan, bahwa ikan laut, mengandung Karbohidrat yang baik pada tubuh manusia. Tuti juga membandingkan protein pada ikan laut dan hewan darat.

Dalam rangka kegiatan Pelatihan ini dihadiri oleh 150 masyarakat yang dominan tinggal di pantai di Deli Serdang, kegiatan ini banyak diikuti oleh para ibu ibu nelayan. Hal ini bertujuan, mengingat peran penting dalam mengurus rumah tangga dan anak anak agar dapat hidup lebih bergizi tinggi.(mega/red)