Ketua Harian Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba, Lakukan Kolaborasi Konservasi Keanekaragaman Hayati 

by

GEOSIAR.COM, SAMOSIR – Ketua Harian Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba Mangindar Simbolon, lakukan kolaborasi dan bersinergi dengan Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Tetty Naibaho, dan Kadis Ketapang dan Pertanian Kabupaten Samosir Tiur Gultom, dengan menanam pohon di Taman Iriana Jokowi, Pusat Informasi Geopark Kaldera Toba, Sigulatti Kecamatan Sianjur Mulamula, Sabtu (3/12/2022).

Terpantau jenis pohon yang ditanam, di Taman Iriana Jokowi adalah Pohon Kapas sebanyak 160 batang, yang bibitnya berasal dari Desa Huta Tinggi, Kecamatan Pangururan, dan dibudidayakan Kadis Ketapang dan Pertanian Kabupaten Samosir Tiur Gultom.

Ketua Harian Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba Mangindar Simbolon menyampaikan, ” Bahwa penanaman pohon tersebut bertujuan dalam rangka konservasi keragaman hayati (biologi) salah satunya pohon kapas dari kepunahan, sekaligus mendukung konservasi budaya, yaitu mendukung bahan baku produksi ulos”, jelasnya.

Mangindar Simbolon juga mengatakan”, penanaman pohon tersebut merupakan keberlanjutan penanaman sebelumnya, dan akan terus dikembangkan, yang akan bermanfaat bagi masyarakat, lingkungan, dan pengembangan ekonomi kreatif”, pungkasnya.(SS).