Gelar Pelatihan Video Content Creator Berbasis Smartphone, Ratusan Peserta Dukung Hendrik Sitompul Pileg 2024

by

GEOSIAR.COM, MEDAN,- Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat Drs.Hendrik Sitompul MM kerjasama dengan Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), menggelar  Pelatihan Video Content Creator Berbasis Smartphone, yang dilaksanakan di Ballroom 2 Hotel Madani Medan pada Jumat (02/12/2022).

“Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua. Yang saya hormati Kepala Badan BRIN yang diwakili oleh Bapak Dr.Andes Hamuraby Rozak dan juga adek-adek mahasiswa sekalian yang saya cintai”, kata  Anggota DPR RI Komisi VII Fraksi Partai Demokrat Drs Hendrik Sitompul mengawali kata sambutannya.

Lebih jauh kata Hendrik, dirinya selaku anggota Komisi VII membidangi energi dan mitra kerja antara lain Pertamina, BPH Migas, Hiswanamigas, PLN, BRIN, Kementrian ESDM,  Kementrian Perindustian dan Gas.

“Salah satu mitra kerja kami adalah BRIN,  dan hari ini adalah manfaat kami bermitra dengan BRIN, dimana kami sepakati kami punya program bersama untuk konstituen kami yang akan memilih kami di dapil kami. Program seperti ini hanya ada di tingkat DPR RI, sedangkan di DPRD tingkat II dan DPRD tingkat I tidak ada,” katanya.

Hendrik menjelaskan, program ini disampaikan secara gratis dan diharapkan semoga program ini bermanfaat bagi peserta yang hadir. “Hari ini saya berbakti untuk konstituen saya di dapil Sumut 1 yang meliputi Medan, Deli serdang, Serdang Bedagai dan Tebing Tinggi. Hari ini adek-adek sekalian mendapatkan manfaatnya ketika saya menjadi anggota DPR RI.

Tidak hanya ini saja programnya, kedepan akan semakin banyak program-program dari Pertamina, PLN, Gas, BRIN dan yang lainnya. Jadi saya mohon dukungan dan doa dari adek-adek sekalian untuk pemilihan legislatif (Pileg) tahun 2024 ini, kiranya saya dapat tetap terpilih kembali menjadi anggota DPR RI,  kita bisa bertemu kembali,”  harap Hendrik.

Apakah adek-adek sekalian setuju apabila saya terpilih kembali menjadi anggota DPR RI tahun 2024?”,tanya Hendrik.
“Setuju, setuju, setuju”, jawab ratusan peserta pelatihan secara serentak.

Mewakili BRIN, Kepala Riset Konservasi Tumbuhan, Kebun Raya dan Kehutanan Dr.Andes Hamuraby Rozak menjelaskan, BRIN adalah satu-satunya lembaga riset tingkat nasional yang merupakan gabungan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Atom Nasional (BATAN) dan badan riset lainnya. Sesuai dengan undang-undang terbaru dari Pemerintah agar semua badan penelitian dan riset digabungkan dibawah Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN).

BRIN adalah lembaga Pemerintah yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. BRIN mempunyai tugas menyelenggarakan tugas pemerintahan di bidang penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan serta invasi dan inovasi, penyelenggaraaan ketenaga nukliran, dan penyelenggaraan keantariksaan secara nasional yang terintegrasi, kata Andes

Lebih jauh kata Andes, BRIN itu ada untuk mengkoordinasikan riset untuk menjadi lembaga pembangunan nasional, dan juga diutamakan untuk pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

Pembangunan SDM ini dibutuhkan kolaborasi-kolaborasi antar komunitas termasuk komunitas masyarakat, agar masyarakat dapat terjun ke dunia riset sehingga tercipta SDM-SDM yang baik dan handal.

Program ini, lanjutnya, terbentuk atas kerjasama kolaborasi antara DPR RI Komisi VII dengan BRIN yang dalam hal ini diprakarsai oleh Pak Hendrik Sitompul.

Saat ini, katanya, pemahaman masyarakat tentang video content kita masih rendah, Jadi diperlukan pelatihan seperti ini yang dapat memberikan pengertian dan pemahaman video content, yang lebih baik sehingga menjadikan banyak masyarakat menjadi tidak gaptek alias gagal teknologi.

BRIN ini mempunyai 3 klaster, antara lain 1. Media untuk menunjang kegiatan pembangunan nasional, 2. Skema-skema fasilitasi yang bisa didapatkan khususnya seperti program beasiswa untuk mahasiswa, 3. Skema Barista yaitu badan riset untuk tugas akhir pembuatan skripsi , tesis dan yang lainnya bagi mahasiswa.(cno/ptr)