Dukung Perayaan Natal PWI Sumut 2022, Gubernur Edy Rahmayadi: Keberagaman Jadi Kekuatan Utama Bangun Sumut

by

Foto : Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, menerima audiensi Panitia Natal Persatuan wartawan Indonesia (PWI) Sumut tahun 2022, di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Medan, Jumat (02/11/2022). (ist)

GEOSIAR.COM, MEDAN,- Seusai penyerahan DIPA dan TKD dari APBN tahun anggaran 2023 sebesar Rp 63,60 triliun untuk Provinsi Sumatera Utara di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jenderal Sudirman Medan, Jumat (02/12/2022), Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, langsung mengajak Panitia Natal Persatuan wartawan Indonesia (PWI) Sumut tahun 2022, masuk ke dalam rumah dinasnya.

“Ayo ke dalam kita. Eh Panca, kami ke dalam dulu ya,” ujar Gubernur Edy Rahmayadi kepada Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, usai bersama-sama memberi keterangan kepada wartawan atas acara penyerahan DIPA dan TKD 2023 itu.

Di dalam ruangan Rumah Dinas Gubernur, sudah ada beberapa kelompok tamu yang menunggunya untuk beraudiensi. “Sebentar, aku ke orang ini dulu, udah dari tadi katanya, biar kuselesaikan orang ini,” canda Gubernur Edy.

Tak lama kemudian, Gubernur Edy Rahmayadi kembali menemui Panitia Natal PWI. “Ayo, apa, apa cerita kita ini,” ujar Edy kepada Ketua PWI Sumut, Farianda Putra Sinik, Ketua Panitia Natal PWI Sumut 2022, Drs Proklamasi Naibaho, dan panitia lainnya.

Setelah mendengarkan laporan Ketua Panitia Proklamasi Naibaho, Gubernur Edy Rahmayadi langsung memberi respon. “Kalian dimana Natal, ayo di kantorku aja, bagus di sana sekarang (Aula RIS Lantai 2 Kantor Gubernur),” ujar Edy.

Saat menerima panitia, Edy Rahmayadi, mantan Pangkostrad itu, didampingi Kepala Biro Ekonomi Setdaprov Sumut, Naslindo Siahaan dan Martina Silaban dari Balitbang Sumut. “Eh Nas, kau koordinasi ama orang ini, kita dukung ya,” sebutnya.

Lebih lanjut suami Nawal Lubis itu mengatakan wartawan juga harus menjadi corong toleransi. Ia juga mengajak agar semua elemen masyarakat Sumut, merawat keberagaman. “Ini modal kuat kita membangun Sumatera Utara,” jelas Edy.

Menurut Gubernur Edy, perayaan Natal bagi umat Kristen adalah ibadah syukur dan sukacita merayakan kelahiran Yesus Kristus. “Nabi ISA kalau kami sebut, dan Yesus Kristus bagi umat Kristen,” kata Edy.

Sehingga yang namanya perayaan Natal, jelas Edy Rahmayadi lagi, harus diarahkan sesuai tujuan dan makna perayaan. “Iya, ini pesan penting saya, persiapkan dengan baik, secara kebersamaan,” tambah Edy.

Kepada panitia, Gubernur Edy Rahmayadi menyatakan kesediaannya untuk hadir. “Eh kau jadwalkan ya, nanti koordinasi jam berapa bisa datang,” ujar Edy kepada protokolernya.

Gubernur Edy menambahkan, perayaan Natal akan digelar oleh seluruh umat Kristen, khususnya yang ada di Sumut. Namun ia berpesan agar dalam perayaan itu nantinya, tetap memperhatikan protokol kesehatan demi kesehatan bersama.

“Baik itu HKBP, Katolik, yang juga dari suku Karo, Simalungun, semua merayakan Natal. Karena itu saya titipkan pesan agar Natal dirayakan sesuai esensinya, yang juga membangkitkan semangat kebersamaan kita, membangun Sumatera Utara,” ujar Edy.

Adapun Ketua PWI Sumut, Farianda Putra Sinik, mengatakan perayaan hari besar keagamaan, menjadi salah satu fokus kinerja kepengurusan PWI Sumut.

Dengan peningkatan iman dan taqwa anggota PWI, kata Farianda, diharapkan akan turut mendorong pemberitaan wartawan yang berkualitas, berimbang, dan bermanfaat serta memberi pencerahan bagi masyarakat.

Sebelumya Ketua Panitia Natal PWI Sumut 2022, Drs Proklamasi Naibaho, melaporkan perayaan dengan tema “Yesus datang menolong saya” (Yeremia 30:17-18) itu, digelar di Hotel Danau Toba Internasional (HDTI), Jalan Imam Bonjol Medan, Selasa (20/12/2022) mendatang.

Kata Proklamasi, rangkaian perayaan Natal telah dimulai dengan menggelar Bhakti Sosial bersama YSKI di Lapas Tanjung Gusta Medan, Jumat (18/11/2022). kemudian akan dilanjutkan dengan kunjungan kasih ke beberapa panti asuhan.

“Lalu akan kita berikan nantinya bingkisan kasih kepada keluarga yang ditinggalkan oleh anggota PWI Sumut beragama Kristen atau yang telah meninggal dunia,” ujarnya.

Pada hari perayaan nantinya, dimulai pukul 17.00 WIB, diisi dengan liturgi wartawan dan keluarga, kidung pujian Natal, khotbah, hiburan, makan bersama dan sedang diupayakan menyediakan hadiah Natal. Peserta perayaan terdiri dari wartawan, keluarga wartawan, dan para mitra serta jemaat dari berbagai denominasi gereja.

Terakhir, Proklamasi Naibaho mengapresiasi dukungan dan kesediaan Gubernur Edy Rahmayadi untuk hadir pada perayaan itu. “Terima kasih Pak Gubernur, kiranya tetap sehat selalu menjalankan tugas memimpin rakyat Sumatera Utara,” pungkas Proklamasi.

Turut hadir dalam audiensi, Ketua Panitia Pengarah, Anton Panggabean SE MSi, Sekretaris Panitia Maju Manalu, Bendahara Tania Depari, Seksi Dana Mega Sihombing SKom MSi, Erris J Napitupulu, Benny Pasaribu SE, Drs Charles Daulay, Irwan Ginting SH, Seksi Humas/Publikasi Danres Saragih. (red)