Hendrik Sitompul Serahkan Pendistribusian Program Konversi BBM ke BBG, untuk  Nelayan di Teluk Mengkudu Sergai

by

GEOSIAR.COM, SERGAI,- Anggota DPR RI Komisi VII Fraksi Partai Demokrat Drs Hendrik Sitompul MM menyerahkan Pendistribusian Program Konversi BBM ke BBG untuk kapal penangkap ikan, bagi nelayan sasaran tahun 2022 yang diadakan di Pantai Mutiara Indah desa Sentang Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) pada Rabu (23/11/2022).

“Terima kasih buat waktu yang diberikan kepada kami, mewakili Bapak Hendrik Sitompul anggota Komisi VII DPR RI Fraksi Partai Demokratyang tidak bisa hadir bersama kita disebabkan beliau mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) di kantor Pusat DPR RI Jakarta,” kata Hendrik Sitompul, diwakili Staff Ahli DPR RI Gunana Barus, bersama Patar Hutagalung dikutip dari Dejavanews.com

“Yang kami hormati dalam hal ini Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Serdang Bedagai yang diwakili oleh Maslina R.Sagala, Ketua Asosiasi Nelayan Sumatera Utara (ANSU), Tim Penyuluhan dari Dinas Kelautan dan Perikanan yang diwakili oleh Jimmi Simatupang, Pihak Pertamina dan Pengawas dari Migas, Penyedia mesin dari PT.Pertamina,” katanya.

PT.Honda, teknisi dan para nelayan penerima bantuan yang kami cintai. Pertama-tama kita panjatkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan pertama-tama saya sampaikan salam dari Pak Hendrik Sitompul kepada kita semua. Beliau mengutus kami kesini, mudah-mudahan ini tidak mengurangi rasa cinta bapak/ibu sekalian kepada beliau karena tidak bisa hadir disini, kata Gunana.

 

Gunana menambahkan, menurut Pak Hendrik program ini adalah salah satu program yang perlu kita dorong, dimana melalui program ini para nelayan dapat terbantu akibat dari melambungnya harga BBM. Maka itu sudah pasti mengurangi biaya operasional para nelayan ketika melaut dibanding dengan sesudah mempergunakan BBG ini.

Ini bisa diperjuangkan apabila ada orang yang bisa menyampaikan aspirasi kita, Pak Hendrik sudah siap untuk hal itu. Bahkan pada acara seremony pada tanggal 18 November 2022 lalu, beliau berkata dengan tegas bahwa beliau akan berjuang untuk mendorong Pemerintah supaya melipat gandakan program.

“Jadi harapan Pak Hendrik melalui kami disini kiranya dapat didukung pada tahun 2024. Jadi hal-hal lainnya yang sudah diperjuangkan pak Hendrik untuk membantu masyarakat kecil seperti paket konversi BBM ke BBG yang telah dilaksanakan di Kabupaten Deli Serdang untuk petani,” katanya.

Pemasangan listrik baru bagi para nelayan di Pantai Labu, karena yang menjadi rekan kerjanya dalam hal ini adalah Pertamina, PLN, Migas dan Pertambangan sehingga semua ini ada sangkut pautnya dengan para nelayan disini. Jadi dalam hal ini semoga sekali lagi kami berharap dengan adanya program konversi BBM ke BBG ini dapat membantu meningkatkan perekonomian di tengah-tengah keluarga bapak/ibu sekalian.

Kabid Tangkap Ikan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sergai Maslina R.Sagala dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan sosialisasi teknis konversi BBM ke BBG yang telah kita laksanakan tanggal 18 November 2022 lalu, dimana untuk Kabupaten Sergai ada sebanyak 804 orang penerima yang tersebar di 5 Kecamatan yaitu Kecamatan Pantai Cermin, Kecamatan Perbaungan, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kecamatan Tanjung Beringin dan Kecamatan Bandar Kalifah.

Untuk hal ini sesuai kesepakatan dengan Kementrian ESDM untuk serah terima paket dilaksanakan pada 4 lokasi yaitu desa Sentang Kecamatan Teluk Mengkudu, desa Kuala Lama Kecamatan Pantai Cermin, desa Sei Naga Lawan Kecamatan Perbaungan dan desa Pekan Bandar Kalifah Kecamatan Bandar Kalifah.

“Kami berharap kianya kegiatan ini berlangsung dengan lancar tanpa ada rintangan. Kami mengharap dukungan dari seluruhnya, terutama penerima bantuan, kami harap peran serta dukungan bapak/ibu sangat menentukan untuk berlangsungnya kegiatan ini.

Untuk kegiatan konversi BBM ke BBG ini merupakan suatu hal yang besar manfaatnya bagi nelayan, karena dengan adanya kegiatan ini dapat mengurangi biaya operasional untuk melaut.

Dimana seperti yang kita ketahui bahwa biaya yang selama ini tinggi dapat berkurang sebanyak 50 %. Jadi sangat membantu bapak/ibu sekalian. Selain itu, penggunaan konversi BBM ke BBG ini dapat mengurangi emisi sehingga dampak untuk lingkungan hidup sangat baik.

Dan selanjutnya, tentunya kita mengharap sangat membantu para nelayan dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi. Sekali lagi, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Hendrik Sitompul atau yang mewakilinya karena sudah meluangkan waktu untuk pendistribusian ini, dimana sewaktu acara sosialisasi Bapak Hendrik Sitompul yang langsung turun menghadiri acara karena begitu antusiasnya Pak Hendrik dan tim”,papar Maslina.

Anggota Asosiasi Nelayan Sumatera Utara M Syarif, mengucapkan ribuan terima kasih kepada Bapak Hendrik Sitompul selaku anggota Komisi VII DPR RI Fraksi Partai Demokrat  yang telah mendorong program Pemerintah yaitu pengalihan dari BBM ke BBG.

Begitu juga kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sergai yang telah bekerja keras untuk mengambil program ini dan menyalurkan kepada kami melalui tim penyuluh perikanan yang ada di Kabupaten Sergai ini.

Adapun jumlah penerima bantuan program paket konversi BBM ke BBG di desa Sentang Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Sergai ini adalah sebanyak 60 orang.

Dan para nelayan Kecamatan Teluk Mengkudu serentak mendukung Bapak Hendrik Sitompul untuk tetap terpilih pada Pileg 2024, dengan serentak meneriakkan yel-yel “Hendrik Sitompul, Yes, Yes, Yes”.(cno/red/ptr)