Sejumlah Pimpinan Gereja di Padang Lawas Tertarik Ikut Jamsostek

by

GEOSIAR.COM, SIDIMPUAN,- Sejumlah pimpinan gereja-gereja di Kabupaten Padang Lawas (Palas) mengaku tertarik ikut Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, setelah mendengar pemaparan yang dibawakan BPJS Ketenagakerjaan Padang Sidempuan di Sosa, Rabu (16/12/2022), Pekan lalu.

Siaran Pers Jamsostek Sidimpuan kepada media, Rabu(23/11/2022) mengungkapkan, kegiatan di gelar di HKBP Ressort Sion Nauli, Sosa, Padang Lawas.

Disela sela rapat panitia Natal Badan Koordinasi Antar Gereja (BKAG) Palas, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sidempuan Sanco Simanullang memberi penjelasan manfaat ikut Jamsostek.

Penjelasan itu berbuah baik, para Pendeta berminat jadi peserta Jamsostek.

Pdt. Sumuhar Hutabarat yang melayani sebagai Pendeta GPDI Sihuan dan juga sebagai pemimpin rapat mengungkapkan, banyak manfaat Program Jamsostek.

“Saya kira, dengan iuran Rp 16.800, cukup terjangkau. Ini sangat cocok untuk disebarluaskan ke seluruh jemaat,” kata Sumuhar Hutabarat yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia Natal .

Pdt. Madjen Nababan, Pendeta Resort Sion Nauli Sosa bahkan mengundang Jamsostek untuk dapat hadir pada kegiatan selepas kebaktian Minggu.

“Ratusan KK siap menerima kehadiran sosialisasi di gereja kami, kita tunggu,” ungkap Madjen yang juga menjabat Ketua BKAG Padang Lawas .

Lain halnya Pdt. Jhonsar Padang, Pimpinan HKBP Sibuhuan.

Ia membeberkan manfaat jadi peserta Jamsostek telah terbukti.

“Keluarga kami belum sempat setahun jadi peserta, namun telah cair Rp 42 juta. Terimakasih Jamsostek,” beber Jonsar dalam sesi dialog. Jonsar yang bertugas sebagai Sie Acara Natal BKAG mengungkapkan, tidak rumit proses klaim Jamsostek.

“Sangat simple, meski terdaftar di Pematang Siantar, namun kami sebagai ahli waris, bisa mencairkan di Sibuhuan, dan tidak berbelit,” pungkas Jonsar.

Pantauan di gereja tersebut, para pendeta sangat antusias mendengar penjelasan manfaat program Jamsostek.

Lantas, ada juga beberapa pendeta yang ingin ikut program lengkap, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan.

Dalam amatan, selepas kegiatan, sejumlah pendeta melakukan aksi daftar langsung ditempat.

Pada kegiatan tersebut hadir sejumlah pimpinan gereja-gereja Padang Lawas, diantaranya
St. R. Purba (Pimpinan Jemaat GKPS Sosa- Bendahara Natal BKAG),b
St. L. Marbun (HKBP Padang Urung Bao- Bendahara Umum BKAG),
St. P. Lubis (HKBP Hutaraja Lama- Humas Natal), St. Y. Manalu (HKBP Padang Urung Bao – Seksi Perlengkapan), St. T. br. Hutasoit (HKBP Sibuhuan – Sie Konsumsi),
St. M. Pasaribu (HKBP Sibuhuan – Pengurus Bidang Pendidikan BKAG),
St. L. br. Marbun (HKBP Sibuhuan- Sie Dana Natal) dan
St. J. Sitinjak (HKBP Sibuhuan).

Sementara dari Jamsostek, hadir Kepala Cabang Palas Wahyudi, Kepala Bidang Kepesertaan Budi Syarif Situmorang, Petugas Wasrik M Faisal Rizky dan Petugas Pemasaran Kukuh Adisetyo. (red/rel)