Bupati Samosir Bersama Tangkas Manimpan L. Tobing, Monitoring Pelaksanaan Pasar Murah Sembako

by

GEOSIAR.COM, SAMOSIR – Sinergitas Pemerintah Kabupaten Samosir dengan Anggota DPRD Provsu membuahkan hasil, hal tersebut terbukti dengan terlaksananya pasar murah sembako yang digelar oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provsu dalam rangka menjaga stabilitas harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok menyambut Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 yang dilaksanakan di Desa Janji Raja Kecamatan Sitio-tio, Senin (21/11/2022).

Pelaksanaan pasar murah tersebut akan berlangsung selama tujuh hari di setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Samosir dengan komoditi beras, gula pasir, minyak goreng, telur ayam ras, tepung terigu, sirup kurnia dan ikan sarden.

Untuk memastikan pelaksanaan pasar murah berjalan dengan baik untuk Desa Janji Raja dan Desa Holbung, Bupati Samosir Vandiko T. Gultom bersama Anggota DPRD Provsu Tangkas Manimpan L. Tobing (Partai Demokrat) didampingi Pimpinan SKPD dan Camat Sitio-tio monitoring pelaksanaan pasar murah yang diadakan di Desa Janji Raja.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Samosir menyampaikan terimakasih kepada Anggota DPRD Provsu Bapak Tangkas Manimpan L. Tobing atas kerjasama yang baik, telah membuahkan hasil dalam membantu meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.

“kepada masyarakat Desa Janji Raja dan Desa Holbung, kiranya dengan terlaksananya kegiatan pasar murah ini dapat meringankan beban pengeluaran belanja untuk kebutuhan pokok sehari-hari”, ujar Bupati.

Vandiko juga menyebutkan bahwa untuk persediaan sembako sampai dengan Natal dan Tahun baru masih aman untuk masyarakat Samosir. “damang dainang tidak usah bimbang dan takut akan kelangkaan bahan sembako, untuk kebutuhan sembako di Kabupaten Samosir masih dapat tercukupi sampai dengan akhir tahun ini”, pungkasnya.

Anggota DPRD Provsu menyampaikan bahwa berkat kaloborasi dan kerjasama baik dengan Bupati Samosir banyak bantuan yang digelontorkan dari APBD Provsu untuk Kabupaten Samosir. “seyogyanya banyak Kabupaten/Kota diwilayah dapil saya yang meminta bantuan dari APBD Provsu, namun karena sinergisitas dan kerjasama baik Bupati Samosir sebagian besar bantuan dana APBD Provsu banyak terealisasi di Kabupaten Samosir, termasuk pembangunan jalan, pemberian bantuan bibit ikan, alat pertanian, peternakan dan lain sebagainya”, ungkap Tangkas.

Disampaikan, dengan kerja keras Bupati Samosir dalam membangun dan mensejahterakan masyarakat samosir segala upaya dilakukan untuk mendapatkan bantuan baik dari dana APBD Provsu maupun APBN Pusat mengingat keterbatasan APBD Samosir. “berkat sinergitas Bupati Samosir, bantuan anggaran APBD Provsu berhasil terealisasi secara bertahap untuk pembanguan infrastruktur yang ada di Kabupaten Samosir”, tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut interaksi tanya jawab berlangsung untuk mendengarkan keluhan masyarakat Desa Janji Raja dan Desa Holbung antara lain tenaga pendidik, petugas kesehatan, bantuan bibit pertanian dan pelatihan pembuatan pupuk organik cair atau padat.

Menanggapi hal tersebut, Bupati langsung memberikan perhatian dengan menginstruksikan Kepala Dinas terkait untuk segera menindaklanjuti kebutuhan yang ada di desa tersebut. Terkait dengan pelatihan pembuatan pupuk organik cair dan padat, Vandiko telah menginstruksikan kepada Kepala Desa untuk mengalokasikan dana desa di tahun 2023 untuk membeli alat pencacah kompos mengingat keterbatasan bantuan pupuk subsidi.(SS).