Seluas 2.335 Hektare Sawah di Lima Kecamatan Serdang Bedagai Terendam Banjir

by

GEOSIAR.COM, SERGAI,- Banjir yang melanda Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) sejak seminggu terakhir turut merendam ribuan hektare sawah milik warga.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sergai Dedy Iskandar menyatakan, sebanyak 2.335 hektare sawah turut terendam banjir.

“Menurut data kita hingga hari ini ada 2 335 hektare sawah pada lima Kecamatan terendam banjir di Kabupaten Serdang Bedagai,” kata Dedy, Senin (21/11/2022).

Dedy menyebutkan, sawah warga yang terendam air mayoritas berada di dekat aliran sungai yang meluap karena intensitas hujan yang mengguyur sejumlah daerah.

Meski begitu, mayoritas sawah yang terendam air dalam kondisi belum ditanami yakni seluas 2.030 hektare.

Sementara itu, sawah yang terendam banjir bersama tanaman padi ada 216 hektare dan dalam proses persemian bibit padi seluas 89,33 hektare.

“Sawah yang terendam ada 2.335 hektare dimana 2.030 hektare terendam dalam kondisi belum ditanami, 216 hektare sawah pertanam dan 216 hektare lahan perasmian,” lanjutnya.

Dedy mengatakan, belajar dari banjir sebelumnya, warga sudah tak lagi menanam padi pada bulan November. Hal itu untuk mengantisipasi banjir yang terjadi dimasa musim penghujan.

“Ya karena belajar dari banjir terdahulu, jadi musim tanam tidak lagi dilakukan pada bulan November untuk mengantisipasi banjir yang terjadi,” tuturnya.

Untuk membantu petani yang mengalami kerugian akibat banjir yang merendam areal persawahan, Dinas Pertanian pun terus melakukan pendataan.

Selain itu, Dinas Pertanian akan membantu pengandaan bibit padi kepada petani yang merugi akibat banjir.

Dedy menyebutkan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Dirjen Petani untuk turut membantu petani dengan menyediakan bibit dan keperluan lainnya.

“Kita terus melakukan pendataan dan nanti kita akan bantu pengadaan bibit padi kepada petani. Dan kami juga telah berkoordinasi dengan Dirjen Pertanian untuk membantu pengadaan bibit dan obat untuk tanaman,” tutupnya.

Adapun areal luasan sawah yang terendam air di lima Kecamatan Kabupaten Sergai yakni Tebingtinggi 63 Ha, Kecamatan Sei Bamban 525,5 Ha, Teluk Mengkudu 58 Ha, Sei Rampah 753,18 Ha dan Tanjung Beringin 934,65 Ha. (LS)