Ketua KADIN Medan Terima Audiensi Pengelola Aplikasi Kepedulian Lingkungan

by

GEOSIAR.COM, MEDAN,- Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Medan Arman Chandra menerima audiensi pengelola aplikasi Kepedulian Lingkungan atau kepul.id, Jumat (18/11) di Kantor KADIN Medan Jalan Palang Merah No. 23 Medan

Dalam pertemuan itu, CEO kepul.id Abdul Latif mengungkapkan keinginan untuk berkolaborasi dengan Member KADIN Medan dalam mengumpulkan dan membeli sampah yang dapat dilakukan ulang oleh perusahaan member KADIN ataupun masyarakat kota Medan dengan memanfaatkan teknologi digital.

“Kepul adalah aplikasi mobile yang di dalamnya ada jasa jual sampah dan pengguna bisa menjual lebih dari 33 jenis sampah di aplikasi Kepul ini,” ujar Founder Kepul, Abdul Latif di Kota Medan.

Ia menjelaskan cara kerja Kepul Mobile Apps yaitu pengguna yang memiliki sampah daur ulang akan menemukan pengepul terdekat melalui peta aplikasi yang terintegrasi. Kemudian pengguna dapat memasukkan sampah-sampah daur ulang yang dimiliki, serta prakiraan jumlah berat sampah daur ulang.

Ketua KADIN Medan Arman Chandra mengapresiasi kepul.id yang berupaya membuka peluang dengan memanfaatkan digitalisasi. Arman menyarankan, agar kepul.id memiliki basis data yang kuat hingga dapat berkembang baik dan memberikan manfaat bagi pengguna baik dari perusahaan maupun masyarakat.
“Harus memiliki data yang akurat agar semuanya terintegrasi,” ujar Arman yang juga pengurus DPP IKAL Strategis Centre.

Arman mengatakan, saat ini dibawah kepemimpinan Walikota Medan Bobby Nasution juga terus mengembangkan smart city dengan berbasis pada kekuatan data yang valid. Karena itu, dibutuhkan aplikasi pendataan. Misalnya, dengan aplikasi tersebut bisa diketahui jumlah sampah yang bisa di daur ulang di setiap kelurahan, misalnya kertas, plastik, besi, botol dan hal-hal rinci lainnya.

Selain itu Arman menambahkan misalnya memiliki sampah menumpuk di rumah dan malas untuk membuangnya, bisa gunakan jasa Kepul. Startup ini sangat baik untuk menghubungkan mitranya (pengepul atau tukang botot) dengan penggunanya.(red/rel)