Terungkap, Tempo 1 x 24 Jam Polres Samosir Berhasil Ringkus Pelaku Curanmor

by

GEOSIAR.COM, SAMOSIR – Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon, SH, MH gelar dan paparkan Press Release terkait kasus tindak pidana pencurian, narkotika dan penertiban knalpot blong yang berhasil diungkap jajaran Polres Samosir kurun waktu bulan September s/d 17 Nopember 2022 di Mako Polres Samosir, Kamis (17/11/2022).

Dihadapan jurnalis Kapolres Samosir mengatakan bahwa, “Press Release merupakan salah satu program Quick Wins Presisi Polri. Selain melaksanaklan tugas – tugas rutin, Polres Samosir juga melaksanakan dan menciptakan keamanan dan kekondusifan wilayah hukum satuannya, termasuk juga untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat (turst Public) terhadap kepolisian, hal itu juga ditunjukkan pada Press Release tersebut, jajarannya memakai stola ulos yang tampak lebih humanis dan lebih dekat dengan masyarakat, sekaligus menunjukkan kecintaan terhadap warisan budaya leluhur kearifan lokal”, jelas Josua Tampubolon.

Kapolres Samosir menyampaikan juga,”bahwa pada akhir – akhir ini pencurian sepeda motor di Kabupaten Samosir sudah meningkat, dimana dalam satu bulan, ada 1 (satu) sampai 4 (empat) laporan polisi yang masuk di Polres Samosir. Dan setelah dievaluasi dan diselidiki ada beberapa kasus yang sudah diungkap, tentunya berkat kerja keras dan kerjasama jajaran yang dipimpin Kasat Reskrim dan Kasi Pidum, saat ini juga jajaran reskrim sedang dilapangan dalam pengembangan kasus”, terangnya.

Dari hasil pengungkapan kasus tersebut, Kapolres Samosir menghimbau masyarakat Kabupaten Samosir untuk berhati – hati memarkirkan sepeda motornya ditempat yang aman. Dimana sepeda motor yang dicuri, diparkirkan di depan kost atau di lorong yang bisa dilihat oleh orang dan diparkir pinggir jalan. Kapolres Samosir juga memperkirakan akhir tahun atau jelang Natal dan Tahun Baru tingkat kejahatan akan meningkat, untuk itu sepeda motor untuk diparkir dengan aman dan dikunci stang. Karena setelah berhasil diungkap ternyata beberapa kelompok pencuri curanmor berasal dari masyarakat luar Kabupaten Samosir”, terang Kapolres Samosir.

Berikut 4 (empat) kasus laporan polisi tindak pidana curanmor (pencurian kendaraan bermotor) yang berhasil diungkap dan satu pencurian kotak Infaq dan Sedekah Tanah Wakaf dan Anak Yatim, dimana pelaku tindak pidana curanmor berhasil diringkus dalam tempo 1 x 24 jam oleh jajaran Rekrim Polres Samosir yaitu :

1. Kasus pencurian kendaraan bermotor Laporan Polisi / B – 307 / XI / 2022 / Sat Reskrim / Polres Samosir / Polda Sumut, tanggal 06 November 2022 dalam tempo 1 x 24 jam Polres Samosir berhasil ringkus pelaku Chandra Ropaldi Sagala alias (CRS). Dengan barang bukti 1 (satu) unit Sepeda Motor merek Yamaha type XSR155 dengan Nomor Polisi BK 5697 AJO, dan 1 (satu) unit Sepeda Motor merek Honda type CB 150R dengan Nomor Polisi BK 4032 PBA.

2. Kasus pencurian kendaraan bermotor Laporan Polisi / B – 312 / XI / 2022 / SPKT / Polres Samosir / Polda Sumut, tanggal 11 November 2022 dalam tempo 1 x 24 jam Polres Samosir berhasil ringkus pelaku Holydar Telaumbenua alias (HT) Iman Setiawan Telaumbenya alias (IST), Rizky Reynaldi (RR), Rio Febrian (RF). Dengan barang bukti uang tunai senilai Rp 500.000; (Lima Ratus Ribu Rupiah), 1 (buah) Kunci Sepeda Motor Sepeda Motor Jenis Honda CBR 150 R dengan Nomor register BB : 2168 BK, 1 (buah) Kunci Sepeda Motor Sepeda Motor Jenis Honda dengan Nomor register BB : 2201 CE, 1 (buah) Kunci Sepeda Motor Sepeda Motor Jenis Yamaha VIXION 150 CC dengan Nomor register BK 2863 VBG.

3. Kasus pencurian kendaraan bermotor Laporan Polisi / B – 313 / XI / 2022 / Sat Reskrim / Polres Samosir / Polda Sumut, tanggal 13 November 2022 dalam tempo 1 x 24 jam Polres Samosir berhasil ringkus pelaku Sandy alias Andy dan Lujar Ginting (LG) dengan Barang Bukti 1 (satu) buah BPKB Sepeda Motor merk Honda beat berwarna magenta hitam dengan no. Pol BB 4238 BJ dan 1 (satu) buah STNK Sepeda Motor merk Honda beat berwarna magenta hitam dengan no. Pol BB 4238 BJ serta uang tunai Rp. 500.000,00- (lima ratus ribu Rupiah) sisa hasil penjualan sepeda motor merk Honda beat berwarna magenta hitam dengan no. Pol BB 4238 BJ.

4. Kasus pencurian kendaraan bermotor, Laporan Polisi/ B – 314 / XI / 2022 / Sat Reskrim / Polres Samosir / Polda Sumut, tanggal 13 November 2022, dalam tempo 1 x 24 jam Polres Samosir berhasil ringkus pelaku Sandy alias Andy dan Lujar Ginting alias LG. Dengan barang bukti : 1 (satu) unit Sepeda Motor merek Honda Beat warna Putih dengan Nopol : BB 2188 CD dan 1 (satu) unit Sepeda Motor merek Honda Supra berwarna Hitam dengan Nomor Polisi BB 6034 CA.

5. Kasus pencurian Kotak Infaq dan Sedekah Tanah Wakaf dan Anak Yatim, Laporan Polisi / B – 291 / X / 2022 / SPKT / Polres Samosir / Polda Sumut, tanggal 14 Oktober 2022 dengan tersangka Nardiwan Hutagalung alias NH dan Revan Sirungo-ringo alias RS. Barang bukti : 1 (satu) buah kotak persegi yang terbuat dari kayu, warna hijau yang bertuliskan 66 KOTAK INFAQ DAN SEDEKAH TANAH WAKAF DAN ANAK YATIM dan uang sejumlah Rp. 79.000,- (tujuh puluh sembilan ribu rupiah. (SS)