Banjir di Sergai Makin Meluas, 3.340 KK di 6 Kecamatan Terdampak

by

GEOSIAR.COM, SERGAI,- Banjir di Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) semakin meluas. Banjir yang awalnya hanya merendam pemukiman warga di Kecamatan Seirampah, kini meluas dan merendam pemukiman warga di sejumlah kecamatan seperti, Dolokmasihul, Sipispis, Tebingtinggi, Seibamban dan Tanjungberingin.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sergai, Fritz Ueki Prapanca Damanik, Kamis (17/11/2022) melalui WhatsApp mengungkapkan, banjir yang melanda sejumlah kecamatan di Kabupaten Sergai ini disebabkan hujan deras dengan durasi yang lama pada Senin (14/11/2022), dan jebolnya tanggul Sungai Meriah Padang Kecamatan Tebingtinggi.

“Selain itu, juga disebabkan air kiriman dari wilayah hulu Kabupaten Sergai, sehingga Sungai Bedagai tidak mampu menampung air dan meluap ke pemukiman warga,” ungkapnya.

Fritz merinci, warga yang terdampak banjir sesuai data sementara yang diterima BPBD Sergai yakni, Kecamatan Dolokmasihul dengan jumlah warga yang terdampak sebanyak 879 kepala keluarga (KK), Sipispis 34 KK, Tebingtinggi 213 KK, Seirampah 2.091 KK, Seibamban 97 KK, dan Tanjungberingin 26 KK.

Dia juga menyebutkan upaya-upaya yang telah dilakukan BPBD Sergai untuk membantu warga yang terdampak seperti, melakukan koordinasi dengan camat dan kepala desa, serta OPD terkait dan instansi lain, mendata warga yang terdampak, menurunkan perahu karet di lokasi banjir untuk memobilisasi atau mengevakuasi warga, mendirikan tenda Posko di lokasi terdampak banjir, logistik untuk kebutuhan warga yang mengungsi jika ketinggian air terus meningkat, serta mengimbau warga untuk waspada terhadap kemungkinan naiknya ketinggian air.

“Kendala yang kita hadapi saat ini adalah masih kurangnya persediaan tenda dan perahu untuk warga yang mengungsi,” jelasnya. (LS)