Sultan Deli dan Pengurus KADIN Medan Kunjungi RPH

by

GEOSIAR.COM, MEDAN,- Rumah Potong Hewan (RPH) merupakan tempat pemotongan hewan yang higienis yang diharapkan dapat menghasilkan daging yang Aman, Sehat, Utuh dan Halal.

Seripaduka Baginda Tuanku Sultan Mahmud Aria Lamantjiji Perkasa Alam Shah dan Pengurus Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Medan tertarik untuk meninjau secara langsung kondisi RPH Medan. Kunjungan dilakukan pada RPH kota Medan pada hari Selasa (15/11/2022) yang berlokasi di Mabar Medan.

RPH dikelola oleh PUD Rumah Potong Hewan Medan, pada kunjungan tersebut pihak pengelola RPH mejelaskan beberapa hal mengenai fasilitas RPH, kemudian perlu diadakan fasilitas yang dilengkapi dengan penambahan kandang penampungan ternak, gangway, ruang pelayuan (chilling room), ruang penyimpanan daging (cold storage), peralatan pemotongan dan IPAL.

Kapasitas pemotongan 100 ekor sapi/hari dan 200 ekor babi/hari, Daging yang telah siap akan disebarkan ke Lokal oleh perusahaan penjual daging.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Utama PUD. RPH Sandi Harahap menjelaskan bahwa Kota Medan merupakan salah satu kota yang cukup potensial untuk menerima pelaksanaan pemotongan hewan dan pengembangan peternakan. Untuk itu, RPH berharap agar ada dukungan dari KADIN untuk dapat berinvestasi, sehingga apa yang diharapkan dalam hal pengembangan peternakan bisa terlaksana dengan baik.

Saat meninjau Rumah potong Hewan, Ketua KADIN Medan Arman Chandra mengharapkan agar RPH sebaiknya difungsikan secara maksimal dan jika perlu dikerjasamakan pihak swasta. ”Hal ini penting karena Kota Medan merupakan salah satu kota yang dikelilingi oleh kabupaten sentra peternakan yang populasinya cukup banyak, jadi sayang jika tidak difungsikan dengan baik”. Imbaunya.

”Penyediaan Daging yang mencukupi juga merupakan salah satu faktor pengendaljan inflasi, Jika ada kendala sebaiknya dikoordinasikan antara PUD RPH, KADIN dan Investor”. Tambahnya.(red/rel)