KADIN Medan Hadiri Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi di Daerah Secara Daring

by

GEOSIAR.COM, MEDAN,- Sekretaris Daerah kota Medan, Ir. Wiriya Alrahman mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi di Daerah secara daring diselenggarakan oleh Kemendagri RI bertempat di Command Center, Senin (14/11/2022).

Dalam Kegiatan Sekda Medan didampingi oleh Forkopimda Medan dan Ketua KADIN Medan Arman Chandra yang diwakili oleh Komite Tetap Ade Ritonga.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian saat membuka Rakor meminta para kepala daerah di seluruh Indonesia untuk melakukan optimalisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk mengendalikan inflasi yang terjadi di daerah.

Tito mengharapkan para Gubernur/Bupati/Walikota untuk melakukan optimalisasi anggaran dalam APBD yang terkait dengan pengendalian inflasi daerah antara lain menjaga keterjangkauan harga, daya beli masyarakat, kelancaran distribusi dan transportasi, kestabilan harga pangan, ketersediaan bahan pangan.

“Perlu dibutuhkan kerja sama antar daerah, serta memberikan bantuan sosial untuk masyarakat yang rentan terhadap dampak inflasi di masing-masing daerah,” ujar Mendagri.

Pada kesempatan itu, Ade Ritonga utarakan guna mengantisipasi pencegahan inflasi meningkat, KADIN Medan punya gagasan, ide serta inisiatif dengan program penghematan energi terutama kepada Pengusaha.

Selain itu penghematan energi, Ade juga menyarankan langkah langkah dalam menghadapi krisis pangan dunia antara lain : pertama peningkatan kapasitas produksi pangan untuk komoditas pengendali inflasi seperti cabai dan bawang merah, serta untuk mengurangi impor seperti keledai, jagung, gula tebu dan daging sapi. Kedua, pengembangan pangan substitusi impor seperti ubi kayu, sorgum dan sagu untuk substitusi gandum, domba/kambing dan itik untuk substitusi daging sapi. Ketiga, peningkatan ekspor seperti porang, ayam dan telur.(red/r)