Yakes Sambut Peresmian Klinik Pratama Distrik XI HKBP Toba Hasundutan

by

GEOSIAR.COM, BALIGR,- Yayasan Kesehatan (Yakes) Huria Kristen Batak Protestan menyambut gembira kehadiran Klinik Pratama Distrik XI HKBP Toba Hasundutan.

Klinik yang baru selesai dibangun itu diresmikan Kepala Departemen Marturia HKBP Pdt Daniel TA Harahap,MTh, bersamaan Pesta Puncak Tahun Kesehatian Distrik XI dan Ulang Tahun ke-68, Minggu (13/11/2022).

Pantauan dilapangan, Isteri Pdt Daniel TA Harahap melakukan gunting pita sekitar pukul 09.00 wib dilanjutkan prosesi menuju Gereja HKBP Balige untuk melanjutkan kegiatan dan perayaan.

Bupati Toba Ir Poltak Sitorus MSi, didampingi Wakil Bupati yang juga Ketua Pesta Tony Simanjuntak, Sekda Agus Sitorus, Ketua DPRD, Kapolres dan sejumlah Forkompinda Kabupaten Toba, terlihat hadir pada kegiatan tersebut.

Pengurus Yayasan Kesehatan HKBP Dr Sanco Simanullang ST., MT., IPM., ASEAN Eng didampingi Direktur Rumah’ Sakit HKBP Balige dr Benny Sinaga, SpB saat didapuk memberi sambutan menyampaikan terimakasih kepada Pimpinan HKBP dan Praeses serta seluruh jajaran Panitia Pesta Kesehatian dan Ulang Tahun HKBP Distrik XI Toba Hasundutan.

“Atas nama Ketua Umum dan segenap pengurus Yayasan Kesehatan menyampaikan Selamat atas peresmian Klinik dan Pesta Puncak Tahun Kesehatian serta HUT Distrik ke-68,” sambut Sanco.

Disebutkan, peresmian klinik ini sebagaimana disampaikan Praeses, merupakan klinik yang pertama dalam tingkat Distrik yang bekerja sama dengan Rumah Sakit HKBP.

“Kita berharap klinik ini merupakan percontohan. Semoga Distrik lainnya dapat mengikuti langkah Distrik XI,” tambah Sanco disambut tepuk tangan meriah ribuan jemaat.

Sanco menyebut, Rumah Sakit Umum HKBP Balige kini terus berbenah meningkatkan pelayanan baik melalui peningkatan pelayanan dan juga peningkatan fasilitas serta peralatan pendukung kesehatan.

Saat ini manajemen Rumah Sakit terus berbenah sehingga dapat melayani Operasi mata, katarak, PICU, MICU, dan lainnya.

“Ruang isolasi, hemodialisa, medical check up umum, perbaikan lingkungan sekitar, endoscopy kolonoskopi, renovasi ruang operasi, operasi mata, pengembangan PICU, MICU, pembangunan rusunawa 46 kamar, diagnostik centre dan pusat radiology terus digenjot,” katanya.

Bahkan CT scan terus dikembangkan, ICCU jantung terus dipersiapkan. Lantas pasien yang memerlukan pemeriksaan detail, ada pusat laboratorium, dan itu terus diperbaiki.

Rumah Sakit juga tengah mempersiapkan agar layanan operasi mata dan penanganan sakit jiwa dapat hadir melayani warga di wilayah Tapanuli.

“Tahun 2023 akan terus dilakukan perbaikan budaya karakter, ramah, murah senyum, kebersihan dan ketertiban, semua tim sedang bergerak dan kerjasama, membesarkan RS,” tandas Sanco seraya menambahkan tahun 2023 sebagaimana tahun Profesionalisme penatalayanan HKBP, Rumah sakit akan fokus kepada Sumber Daya Manusia.

Sementara peremajaan gedung klinik, pembenahan RS HKBP Nainggolan di Samosir, peningkatan Klinik, Akper dan seluruh unit kesehatan dibawah naungan Yayasan Kesehatan HKBP, terus menjadi fokus Yayasan.

“Termasuk melengkapi dokter spesialis dan Peningkatan SDM rumah sakit,” tutup Sanco.

Dukungan Pemkab

Bupati Toba Ir Poltak Sitorus dalam sambutan pada perayaan Tahun Kesehatian HKBP Distrik XI Toba Hasundutan mengungkapkan pentingnya kesehatian dan kebersamaan dalam membangun kembali pelayanan kesehatan warga.

“Ayo kita gotong royong membesarkan pelayanan kesehatan, kita akan bantu Anggaran 2023 untuk kesempatan awal Rp 200 juta membantu sarana dan fasilitas klinik ini,” jelas Bupati.

Bupati yang penerima penghargaan Best in Leadership Based on Local Wisdom dengan program Kearifan Lokal Batak Naraja, mengungkapkan tahun kesehatian hendaknya dapat dijadikan mementum merajut kebersamaan, termasuk menyambut Balap Perahu Motor Formula 1
(F1H2O) yang sudah dilaksanakan kurang lebih 39 negara.

“Tentu saja sebuah kebanggaan bagi kita bahwa untuk tahun 2023 akan digelar di Toba, mari dukung dan sukseskan,” ungkap Bupati.

Sedangkan terpisah, Sekda Toba Drs Augus Sitorus mengungkapkan Pemkab siap untuk mendukung perbaikan beram jalan di depan Rumah Sakit HKBP Balige. (red/rel)