Ukir Sejarah RSUD Dr. Hadrianus Sinaga Pangururan Akhirnya Miliki Fasilitas Cuci Darah

by

GEOSIAR, COM, SAMOSIR – Setelah sekian lama dinanti, Rumah Sakit Dr. Hadrianus Sinaga Pangururan, ukir sejarah untuk pertama kalinya miliki fasilitas cuci darah, di Kabupaten Samosir. Hal itu terungkap pada saat peresmian Unit Pelayanan Dialisis RSUD Dr. Hadrianus Sinaga oleh Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, Selasa (8/11/2022).

Pada laporannya Direktur Rumah Sakit Dr. Hadrianus Sinaga dr. Iwan Hartono Sihaloho menyampaikan,” penyelenggaraan pembangunan Unit Pelayanan Dialisis RSUD Dr. Hadrianus Sinaga, dilaksanakan mengingat penyakit gagal ginjal kronis merupakan penyakit global yang jumlahnya semakin meningkat dan memerlukan biaya pengobatan yang sangat tinggi”, jelasnya.

Di Kabupaten Samosir terdapat 17 orang penderita gagal ginjal yang rutin melakukan cuci darah kebeberapa Rumah sakit diluar Kabupaten Samosir, semisal ke Medan, Pematang Siantar dan ke Kabupaten Dairi yang memakan waktu, dengan akses yang terbatas serta memerlukan biaya yang besar yang harus ditanggung pasien”, ungkapnya.

Dalam mengoperasionalkan Unit Layanan Dialisis tersebut, Pemerintah Kabupaten Samosir juga menjalin kerjasama pelatihan dialisis dengan Rumah Sakit Dr. Prigandi Kota Medan dengan mengirimkan 1 dokter umum dan 2 tenaga perawat pada tahun 2021 dan layanan ini mendapat ijin dari Kemenkes serta sudah memberikan layanan sejak 24 Oktober 2022 lalu”, terang dr. Iwan Hartono Sihaloho.

Dengan diresmikannya Unit Layanan Dialisis RSUD Dr. Hadrianus Sinaga tersebut, Bupati Samosir mengapresiasi Direktur dan seluruh jajarannya yang sudah berusaha agar Pelayanan Unit Dialisis aktif. Bupati juga meminta seluruh jajaran dapat melayani masyarakat dengan prima, utamakan senyum, sapa, salam dalam pelayanan rumah sakit”, harap Vandiko Timotius Gultom.

Tampak juga Bupati Samosir bersama Forkopimda menjenguk dan memberikan bingkisan tali asih kepada para pasien yang dirawat pihak Rumah Sakit.

Hadir pada kegiatan tersebut Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon, SH, MH, Perwakilan Kajari, Perwakilan Danramil Pangururan, Asisten 2 Sekdakab Samosir, Pimpinan OPD, Kepala BPJS Kesehatan Pematang Siantar dan Pangururan, Kepala Bank Sumut, BRI Pangururan, Tokoh Masyarakat, Organisasi Profesi dan Insan Pers dan LSM.(SS).