Kapolres Sergai Ajak Pelajar Bijak Gunakan Medsos

by

GEOSIAR.COM, SERGAI,- Kapolres Serdangbedagai (Sergai), AKBP Ali Machfud mengajak para pelajar SMA/SMK agar bijak dan hati-hati dalam penggunaan media sosial (medsos).

Hal itu disampaikan Ali Machfud saat memberi arahan pada pelajar SMA/SMK ketika mengunjungi Yayasan Pendidikan (YP) Teladan Seirampah, Senin (7/11/2022).

“Jangan menelan mentah-mentah semua informasi yang belum tentu kebenarannya. Kita harus mengecek terlebih dahulu, sehingga tidak jadi korban hoax,” katanya.

Perwira menengah penyandang gelar Doktor ini juga menjelaskan bahwa saat ini Polri tidak melakukan tilang manual selain sistem elektronik. Oleh karena itu, dia mengimbau untuk menggunakan helm standar untuk mengantisipasi kecelakaan.

“Jangan sampai impian generasi muda hancur atau hilang gara-gara kecelakaan. Kita harus patuh dan tertib karena adanya aturan yang mengatur, bukan karena ada polisi, karena peraturan adalah cerminan diri dari negara,” jelasnya.

Orang nomor satu di Polres Sergai ini dengan tegas mengingatkan para pelajar untuk tidak terlibat dengan penyalahgunaan narkoba.

“Hindari, jauhi, dan jangan coba-coba menggunakan narkoba, karena narkoba merusak generasi bangsa. Dan jika anda tertangkap, maka tidak hanya anda, keluarga juga ikut susah,” tegasnya.

Dia juga meminta para pelajar untuk tidak pernah berhenti belajar. Manfaatkan waktu yang ada dengan belajar, membaca buku sebanyak-banyaknya, dan harus kuat dan tidak gampang menyerah.

Ali menyebutkan, tujuan bersekolah supaya hati semakin lunak. Dan semakin tinggi sekolah harus semakin santun, baik kepada orang tua maupun orang yang lebih tua, karena sopan santun adalah cerminan orang berpendidikan.

“Kita tidak tahu kita akan jadi apa kedepannya, namun kita harus mempersiapkan diri kita untuk menjadi apa saja. Persiapkan diri dengan keterampilan (skill), pengetahuan (knowledge), dan sikap (attitude), serta kuasai ilmu dasar hidup, bahasa, matematika dan sains. Jangan khawatir dengan diri kita saat ini, tetapi khawatirkanlah siapa kita kedepannya,” pungkas Ali Machfud.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kacabdisdik UPT Seirampah Muhammad Syafii, Kasat Bias Polres Sergai Iptu R Panjaitan bersama Kasi Humas Iptu Djunaidi Arman, Kepala SMA YP Teladan Toni Hartono bersama Kepala SMK Masliana beserta para guru YP Teladan Seirampah. (LS)