Gerombolan Monyet Resahkan Warga Desa Pematang Guntung Sergai

by

GEOSIAR.COM, SERGAI,- Warga Dusun I dan II Desa Pematang Guntung, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdangbedagai (Sergai), resah lantaran keberadaan monyet yang suka menyerang manusia.

Supriadi (53) warga Dusun II mengatakan, sudah ada 7 orang korban yang diserang monyet-monyet tersebut. Monyet tersebut masih diseputaran Dusun I dan II, sering muncul di dekat rumah warga.

“Saya pun pernah dicegat oleh monyet itu saat mau melintasi di jalan menuju ke ladang. Cucu saya hampir juga diserangnya, namun berhasil saya usir dengan sebatang kayu,” katanya kepada Geosiar.com, Senin (7/11/2022).

Menurut Supriadi, warga dan pemerintah desa sudah melakukan upaya untuk menangkap monyet tersebut, namun belum berhasil. Dia pun berharap agar pemerintah desa dan siapa pun yang bisa membantu segera menangkap monyet itu, karena sangat membahayakan masyarakat dan anak-anak sekolah pun jadi takut melintas untuk melintas.

“Anak-anak sekolah itu jadi takut melintas, karena sering dicegat di jalan itu belakang rumahnya,” ucap Supriadi.

Terpisah, Kepala Desa Pematang Guntung, Juni mengatakan, pemerintah desa sudah melakukan upaya dan rapat bersama pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Sumut, guna membantu memburu dan menangkap monyet tersebut.

“Dengan dibantu warga membawa anjing pemburu dan pentungan serta bunyi bunyian agar monyet itu keluar dari persembunyiannya untuk ditangkap namun, tak berhasil. Monyet itu lari pindah ke Desa Sialang Buah, namun kelang satu harinya balik lagi ke Desa Pematang Guntung,” ujar Juni.

Kades Juni menambahkan, monyet itu sekarang ini bukan 1 saja melainkan sudah ada 3 ekor, bahkan mungkin sudah beranak pinak.

“Selain membantu menangkap, kiranya BKSDA Sumut dapat melakukan tindakan preventif, karena sudah ada korban 7 orang warga. Takutnya ada korban lainnya seperti anak-anak sekolah,” tutupnya. (LS)