Sekretaris Jenderal HKBP serahkan Klaim dan Kartu Jamsostek, pada Pesta Puncak Tahun Kesehatian HKBP Distrik 9 STN

by

GEOSIAR.COM, SIDIMPUAN,- Sekretaris Jenderal Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Pdt Dr. Victor Tinambunan MST menyerahkan santunan Kematian dan juga kartu bagi peserta baru program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek), pada pesta puncak tahun kesehatian HKBP Distrik 9 Sibolga Tapteng Nias(STN), Minggu (31/10/2022).

Pdt Victor pada penyerahan itu, sebagaimana keterangan tertulis Jamsostek Sidimpuan, Senin (31/10/2022) turut didampingi Praeses Distrik 9 STN Pdt Donda Simanjuntak, Ketua Umum Panitia Darwin Sitompul (Mantan Wakil Bupati Tapteng) , Sekretaris Umum Dr. Sanco Simanullang(Kepala BPJS Ketenagakerjaan cabang Sidimpuan) dan Ketua Pelaksana Harian Pdt Martin Manullang MTh, MM(Pendeta Ressort Poriaha).

Kepala Jamsostek Sidimpuan, Sanco Simanullang menyebutkan, distrik 9 merupakan distrik yang tengah gencar membidik kepesertaan, hingga ke aras jemaat. Dari jemaat yang terdaftar, kita berduka, karena sudah ada beberapa yang meninggal dunia.

Maka, santunan yang diberikan berupa jaminan kematian sebesar Rp 42 juta. “Ini bukan belas kasihan, tetapi hak ahli waris. Ayo segera mendaftar lewat pengurus gereja setempat, kita sudah MoU dengan Inang Praeses,” imbau Sanco.

Adapun ahli waris penerima santunan adalah keluarga almarhum Asmen Silalahi, Basa Lohot Siregar (istri almarhum).

Semasa hidupnya, Almarhum Asmen merupakan jemaat di gereja HKBP Bair Ressort Poriaha.

Lantas, pengurus gereja setempat, sadar dan aktif mendaftarkan seluruh jemaat dalam program Jamsostek (Undang undang No 24 tahun 2011).

“Almarhum telah menjadi peserta dalam 2 program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian. Iuran Rp 16.800 per bulan danaktif bayar iuran dari tahun 2021 sudah peserta,” sebut Sanco.

“Kendati baru setahun jadi peserta, keluarga almarhum mendapatkan santunan 42 juta, semoga keluarga terbantu,” imbuh dia didampingi Kepala Bidang Pelayanan Freddy S Panggabean.

Sementara itu, ditempat yang sama, terpantau baru diserahkan Kartu peserta secara simbolis, kepada sejumlah ressort

Jika diberbagai gereja, baru pengurus yang jadi peserta, namun di Distrik 9 kini tengah marak mendaftarkan diri dari jemaat.

Terkini, jemaat dan parhalado Ressort Poriaha dan Ressort Naipospos , menjadi peserta baru.

“Total jemaat dan parhalado yang sudah dikerjasamakan mencapai164 orang,” tambah Kepala Jamsostek Sibolga Boy Tobing seraya menambahkan, pihaknya siap jemput bola ke jemaat jemaat.

Meriah

Pesta puncak Tahun Kesehatian HKBP Distrik IX Sibolga Tapteng Nias, Minggu (30/10/2022) berlangsung meriah.

Perayaan Pesta Puncak Kesehatian ini diawali dengan prosesi rombongan Sekjen HKBP, Para Pendeta, Para Panitia, Parhalado menuju gereja yang disambut pengalungan bunga dengan tarian Tortor Anak Sekolah Minggu.

Kebaktian dipimpin langsung oleh Sekretaris Jenderal HKBP Pdt Dr Viktor Tinambunan, MST.

Sekretaris Jenderal HKBP melalui khotbahnya mengajak seluruh jemaat HKBP untuk bersatu memberi pelayanan terbaik diladang Tuhan.

Ia menyerukan kepada jemaat agar tidak pernah meninggalkan Tuhan, sebab Tuhan sendiri tidak pernah meninggalkan umat-Nya.

“Sepahit apapun kehidupan kita, ingatlah, Tuhan tetap ada bersama-sama kita dan merancangkan yang terbaik untuk kehidupan kita,” pesan Pdt. Victor Tinambunan.

Kendati diguyur hujan deras, tidak menyurutkan ribuan jemaat yang sejak pukul 13.00 wib memadati Gereja HKBP Sibolga Julu.

Ketua Panitia Pelaksana Pdt Martin Manullang MTh MM selepas Kebaktian, terlihat bertindak memimpin rangkaian acara dan hiburan.

Ketua Umum Panitia yang mantan Wakil Bupati Tapanuli Tengah Darwin Sitompul, memberi sambutan dan mengucapkan terimakasih atas dukungan semua pihak atas terselenggaranya seluruh kegiatan, sejak dilantik awal tahun lalu.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Amang Sekjen HKBP dan Inang, berkenan hadir langsung memimpin Pesta ini,” ujar Darwin seraya menyampaikan apresiasinya atas dukungan semua pihak demi lancarnya pesta.

Pantauan di Gereja HKBP Sibolga Julu tampak juga hadir Lenny Lasminar S, S.H., M.H yang Ketua Pengadilan Negeri Sibolga didampingi suami, Mantan Wakil Walikota Sibolga Marudut Situmorang (mewakili Pemko), Kepolisian dan tamu dari lintas instansi.

Sementara diakhir kegiatan yang dibalut dengan kegiatan tortor, lelang (pembangunan rumah dinas praeses), penyerahan piala pemenang berbagai lomba dan hiburan.

Praeses Donda diakhir kegiatan mengucapkan terimakasih kepada panitia atas suksesnya pesta.

Sebelumnya, panitia yang dilantik terdiri dari Penasehat Praeses HKBP Distrik IX Sibolga Tapteng Nias, anggota MPS/MPSD Distrik IX Sibolga Tapteng Nias, Ev. Ir. Sahat Pasaribu, Dr. Saroha Manullang, SE, MM dan Jonggi Manalu.

Ketua Umum Darwin Sitompul (Pinangsori), Ketua Pelaksana Pdt. Martin Manullang, MTh, MM (Poriaha), Sekretaris Umum Dr. Sanco Simanullang, ST, MT, IPM, ASEAN Eng , Sekretaris Pelaksana Pdt. Darwin Sibarani, STh (Sipeapea), Bendahara Umum St. Roiman Pasaribu (Sipeapea).

Kemudian dilengkapi dengan koordinator diantaranya Seksi Ibadah Pdt. Sabar Siagian, STh (Pinangsori), Seksi Pembinaan Pdt. Edward Meruncing Siahaan, STh, MM (Manduamas) , Sekretariat Pdt. Nona Astika Sitorus, STh (Gunung Marijo), Seksi Dana Pdt. Maslan Situmorang, STh (Sibolga II), Seksi Pub – Dok – Lat – Tempat Pdt. Absalom Castle Sianipar, M.Div (Sambas), dan Seksi Festival Pdt. Nommensen Sibagariang, MTh (red/M).