PLN Terima Kunjungan DPR RI Hendrik Sitompul di NTT, Apresiasi Penggunaan Mobil Listrik Operasional PLN

by

GEOSIAR.COM, KUPANG,- Anggota DPR RI Komisi VII Fraksi Partai Demokrat Drs. Hendrik H Sitompul, MM, mengapresiasi layanan PLN dengan adanya mobil listrik dan penggunaan aplikasi PLN Mobile yang memudahkan bagi masyarakat.

Hal itu disampaikan Hendrik Sitompul saat berkunjung ke Kantot PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur, Senin (31/10/2022).

“Adanya mobil listrik mendukung energi hijau dan Aplikasi PLN Mobile sudah memudahkan masyarakat, dan hari ini kami tersanjung karena GM perempuan pertama yang kami temui di PLN selaku General Manager PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur, ibu Fintje Lumembang,” kata Hendrik Sitompul kepada wartawan di NTT Kupang, Senin (31/10/2022) sore.

Selanjutnya, Hendrik menyampaikan bahwa program yang disampaikan PLN terutama di daerah 3T merupakan pengabdian kepada masyarakat. “Karena ditangan Bapak dan Ibu ketahanan energi disini untuk membangun bangsa jadi lebih baik,” kata Hendrik.

Layanan kepada pelanggan, lanjut Hendrik, sudah baik. “Tapi harapan kami seperti cadangan daya yang berlebih diintensifikasi untuk cari pelanggan yang tepat, dan yakinkan industri untuk hadir di NTT.” tegas Hendrik.

Kunjungan tersebut, juga fokus dalam kelancaran pemenuhan energi (Listrik) serta memastikan secara langsung keandalan pembangkit, PLN ditugaskan pemerintah untuk melayani masyarakat.

“Kami berharap untuk cara berpikir, walaupun dengan keterbatasan yang ada, optimalkan sumber daya yang dimiliki karena kita ditugaskan sebagai BUMN Hadir untuk negeri, tidak lupa masyarakat NTT untuk menggunakan kendaraan listrik,” ajak Hendrik.

Sementara itu, Fintje mengatakan, secara umum neraca daya pada seluruh sistem kelistrikan NTT surplus.

“Daya mampu pembangkit di Pulau Timor saat ini adalah 155 MW dan bebannya masih 105 MW. Jadi masih ada cadangan daya 40 sd 50 MW untuk menyambut kehadiran industri dan bisnis selain kebutuhan rumah tangga di Pulau Timor,” katanya.

PT PLN (Persero) telah berhasil melakukan uji coba penggunaan 25%, 50%, 75%, hingga 100 persen biomassa _Woodchips_ (kepingan kayu) untuk bahan bakar pengganti batu bara _(cofiring)_ pada pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Bolok dengan kapasitas 2×16,5 Megawatt (MW) di Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

PLN juga mendukung energi hijau dengan adanya kendaraan listrik. Tidak hanya itu, penggunaan PLN mobile pada pertengahan Oktober ini tercatat 390.621 pelanggan atau sebanyak 36,22% pelanggan PLN Unit Induk Wilayah NTT telah gunakan Aplikasi PLN Mobile.

PLN Berpartisipasi Sukseskan Keandalan Listrik Pesparani 2022_

PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur berpartisipasi menyukseskan penyelenggaraan Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik Tingkat Nasional II di Kota Kupang, 28 Oktober – 31 Oktober 2022 dengan menyediakan suplay listrik baik lewat jaringan existing , UPS maupun back up genset.

“PLN mendukung kelancaran acara ini. Kami sudah berkoordinasi langsung dengan panitia penyelenggara acara untuk menyiapkan rencana prioritas suplai daya, dalam bentuk dokumen SOP untuk beberapa lokasi acara, misalnya di Stadion Oepoi Kupang, NTT,” ujar General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTT Fintje Lumembang.

Secara teknis Fintje menjelaskan rencana pasokan listrik, “Standar operasi kami yakni memetakan bagaimana teknis untuk pasokan utama, melindungi sistem dan tentunya petugas yang akan berjaga di sekitar lokasi,” katanya.

Untuk perlindungan, daya listrik sistem kelistrikan di Pulau Timor sudah interkoneksi melalui saluran udara tegangan tinggi 150 kV dan 70 kV dan Genset kami juga sudah disiapkan di beberapa lokasi untuk cadangan,” kata Fintje.

Tidak hanya mengutamakan pasokan listrik di tempat kegiatan Pesparani berlangsung, untuk kenyamanan para tamu peserta Pesparani, PLN ikut menjaga keandalan daya di lokasi tempat para peserta menginap, makan, gereja, dan aula.

“Kami juga menyiagakan 143 petugas ke dalam beberapa regu yang secara bergantian menjaga suplai listrik , 1 unit mobile crane dan 12 mobile pelayanan keandalan, 1 unit mobile UPS 250 kVA , 1 Unit Mobile UPS (Uninterruptible Power Supply) 100 kVA, Genset 250 kVA (1 unit), 100 kVA (3 unit) dan 40 kVA (5 unit), 7 unit ATS (Automatic Transfer Switch), dan 4 unit UGB (Unit Gardu Bergerak).

Dari sisi layanan pelanggan, PLN juga telah melakukan transformasi dengan menghadirkan aplikasi PLN Mobile. Berkat PLN Mobile , kini Layanan PLN kepada pelanggan menjadi lebih sederhana, cepat, terintegrasi, mudah dan dapat dimonitor secara real time. Jadi apabila ada gangguan, pelanggan tinggal melaporkan melalui PLN Mobile sehingga responnya jadi lebih cepat.(cno/rel)