Hujan Deras, Akses Jalan Dusun II Bandar Pinang Rambe Putus, Rumah Warga Nyaris Longsor

by

GEOSIAR.COM, SERGAI,- Hujan lebat yang menyebabkan banjir dan longsor yang terjadi pada Minggu (30/10/22) sore, menyebabkan dua rumah warga di Dusun II, Desa Bandar Pinang Rambe, Kecamatan Bintang Bayu, Kabupaten Serdangbedagai (Sergai), terendam air dan bagian dapur rumah nyaris ambruk ke jurang. Selain itu, banjir juga menyebabkan putusnya akses jalan utama menuju desa tersebut.

Kepala Desa Bandar Pinang Rambe, Wajiono Sitepu saat dihubungi wartawan, Senin (31/10/2022), membenarkan kondisi banjir tersebut.

Wajiono mengatakan, dampak hujan deras mengakibatkan tanah longsor, jalan terputus dan rumah warga terendam banjir nyaris longsor ke jurang.

“Pihak Desa sudah berkoordinasi dengan pihak Kebun Bandar Pinang Estate dan meminta alat berat membersihkan material longsor yang menutupi badan jalan,” ujarnya.

Menurut Wajiono, hanya alat berat yang bisa menyingkirkan material longsor yang menutup jalan terdampak banjir tersebut. Kalau warga tidak sanggup menyingkirkan material longsor sebanyak itu.

“Hanya alat berat yang bisa menyingkirkan material longsor yang menutup jalan terdampak banjir tersebut. Kalau warga tidak sanggup menyingkirkan material longsor sebanyak itu. Kalau untuk memperbaiki jalan dan gorong-gorong yang hanyut membutuhkan waktu yang lama dan butuh biaya,” tutup Wajiono Sitepun. (LS)