250 Anak Ikut Khitanan Massal, Ketua KADIN Medan : Semoga Menjadi Kebaikan dan Berkah

by

GEOSIAR.COM, MEDAN,- khitanan massal di gelar di Sekolah Tinggi Olahraga & Kesehatan (STOK) Bina Guna Minggu (30/10/2022), Khitanan massal tersebut diselenggarakan oleh Walubi , Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Medan, Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Medan diikuti 250 anak.

Ketua FKUB Medan, Ilyas Halim mengatakan, setiap anak mendapat paket dan uang saku Rp100 ribu serta suvenir sarung dari KADIN Medan.

“Dalam khitanan massal ini ada puluhan tim petugas khitan, di mana satu tim terdiri dari satu dokter dan satu paramedis yang berasal dari Rumah Sakit Haji dan Rumah Sakit Mitra Medika,” kata Ilyas.

Sementara itu, dalam sambutannya Walikota Medan diwakili oleh Kaban Kesbangpol Arjuna Sembiring menyampaikan, khitan adalah salah satu bagian dari syariat agama dan wajib hukumnya bagi anak laki-laki. Dari pandangan agama, fungsi dari khitan adalah mempermudah dan mempercepat prosesnya untuk memperbaiki fisik sebagai salah satu syarat ibadah.

Sedangkan secara medis, khitan memiliki faedah yang sangat penting, yakni membuang bagian dari anggota tubuh yang menjadi persembunyian kotoran, virus, bakteri, dan lainnya yang dapat membahayakan kesehatan.

“Saya mengapresiasi atas Walubi, KADIN Medan, IPHI dan FKUB terselenggaranya khitan massal ini dan semoga kegiatan ini dapar terus dijadikan agenda rutin tahunan,” ujar Arjuna

Ketua KADIN Medan Arman Chandra menyampaikan “Dengan adanya khitanan massal, Penyelenggara ingin meringankan beban khususnya kepada masyarakat di Medan. Dimana mereka sangat membutuhkannya karena saat ini masih berada dalam situasi kondisi New Normal.
“Selain khitanan massal, kami juga sering mengadakan pasar murah yang mungkin akan diadakan setiap bulan,” jelasnya.

Harapan saya, “Semoga kegiatan ini bisa mendapatkan kebaikan dan keberkahan bagi kita semua, semoga kedepannya para anak-anak menjadi anak yang soleh dan dapat bermanfaat di masa depan,” ucap Pelaksana Walubi Sumatera Utara ini.

Tampak hadir dalam acara Ketua Walubi Sumut Brillian Moktar, Wakil Ketua KADIN Medan M. Iqbal Sinaga dan Tokoh tokoh masyarakat dan agama.(red/rel)