Covid-19 Sub-varian Baru Omicron Ditemukan di Rusia

by

Foto : ilustrasi (net)

GEOSIAR.COM, MOSKOW,– Sub-varian BQ.1 dan BQ.1.1 dari strain Omicron dari Covid-19 terdeteksi di Rusia minggu lalu, menurut laporan Anna Popova, kepala pengawas kesehatan masyarakat negara itu pada Rabu, (26/10/2022).

Kedua sub-varian ini diyakini lebih menular daripada jenis yang dominan di Rusia, tetapi otoritas kesehatan tidak mengharapkan lonjakan kasus yang signifikan.

BQ.1 dan turunannya yang terkait erat BQ.1.1 keduanya adalah turunan dari varian Omicron dari virus SARS CoV-2. Yang pertama bercabang dari sub-varian BA.5 dan keduanya saat ini menyebar di Amerika Serikat (AS) dan Eropa. Beberapa orang menjuluki mereka Typhon dan Cerberus, masing-masing.

Menurut Popova, sub-varian BA.4 dan BA.5 tetap dominan di Rusia. Strain yang baru ditemukan lebih menular, menurut penelitian, tetapi menunjukkan gejala yang sama dan sebanding dalam hal perlindungan yang ditawarkan oleh vaksinasi, katanya.

“Pada titik ini, para ilmuwan kami tidak memprediksi adanya peningkatan jumlah kasus yang mengganggu secara cepat,” kata pejabat itu sebagaimana dilansir RT. “Kami tidak berencana untuk memberlakukan pembatasan apa pun karena kami tidak punya alasan untuk melakukannya.”.(red/oz)