Upaya Penataan Batas Desa, Pemkab Deli Serdang Minta Dukungan Anggota Komisi VII DPR RI Hendrik Sitompul

by

GEOSIAR.COM, MEDAN – Persoalan perbatasan desa menjadi persoalan yang belum menemukan titik terang penyelesaian hingga saat ini.

Dalam sambutannya, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kab. Deli Serdang, Bapak Drs. Citra Effendi Capah, MSP meminta dukungan DPR RI agar mendorong penyelesaian batas desa di Kabupaten Deli Serdang.

“Pemerintah Daerah sangat mengharapkan dukungan dari Bapak Hendrik Sitompul selaku anggota DPR RI dapil sumut 1 agar dapat menyampaikan kepada Kementerian Dalam Negeri, Badan Pertanahan Nasional, BIG dan lembaga lain yang terkait agar segera menyelesaikan permasalahan batas kabupaten, batas kecamatan dan batas desa yang selama ini jadi polemik di Kabupaten Deli Serdang”, ungkap Citra Effendi dalam Sosialisasi Informasi Geospasial Pemetaan Batas Administrasi Wilayah Desa/Kelurahan di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Lanjut, Citra Effendi meminta kepada para kepala desa yang menjadi peserta dapat mengikuti kegiatan sosialisasi ini secara serius.

“Kegiatan seperti ini sangatlah penting. Para kepala desa silakan bertanya kepada pemateri terkait persoalan yang dialami di masing – masing desa terlebih khusus tentang batas karena selama ini batas wilayah kita masih berpatok pada batas alam atau batas sejarah”, kata Citra Effendi.

Harapannya, kabupaten Deli Serdang dapat dijadikan kabupaten percontohan program Bakti Inovasi Informasi Geospasial khususnya pemetaan batas desa.

Dalam kesempatan yang sama, Hendrik Sitompul menyampaikan kesiapan untuk mendukung dan menindaklanjuti aspirasi dari pemerintah dan masyarakat Deli Serdang.

“Saya berkomitmen sejak awal untuk terus berkontribusi di daerah pemilihan saya. Saya anak asli medan sehingga sudah paham betul apa yang dibutuhkan masyarakat di dapil saya. Semoga ke depan makin banyak program-program yang bisa saya berikan untuk pembangunan dan kemajuan di dapil saya termasuk di kabupaten Deli Serdang”, tegas Anggota DPR RI Komisi VII dari Fraksi Partai Demokrat.

Hendrik berharap ada usulan program dari daerah yang bisa saya aspirasikan melalui DPR terlebih khusus yang berkaitan dengan bidang energi, riset dan industri yang menjadi kemitraan Komisi VII DPR RI.

“Saya sekarang berada di komisi VII DPR RI. Mitra kami adalah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, PT Pertamina (persero), PT Perusahaan Listrik Negara (persero), Kementerian Perindustrian, Badan Riset dan Inovasi Nasional, SKK Migas, Badan Pengawas Tenaga Nuklir, Badan Informasi Geospasial dan masih banyak mitra-mitra lainnya”, lanjut Hendrik.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, anggota DPR RI Komisi VII, Drs. Hendrik H. Sitompul, MM bersama BIG menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Informasi Geospasial Pemetaan Batas Administrasi Wilayah Desa/Kelurahan di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara pada Selasa (25/10/2022) yang dilaksanakan di Grand Antares Hotel Medan. Pelaksanaan kegiatan ini merupakan bentuk dari sinergitas program kemitraan antara Komisi VII DPR RI dengan Badan Informasi Geospasial (BIG).

Hadir dalam kegiatan sosialisasi 22 orang camat dan 155 orang kepala desa dari kabupaten Deli Serdang, perwakilan organisasi mahasiswa dan utusan media. Turut hadir Kepala Biro Umum dan Keuangan BIG, Bapak Ali Nor Hidayat, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kab. Deli Serdang, Bapak Drs. Citra Effendi Capah, MSP dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Drs. Khairul Azman, M.AP..(cno/nus)