Anggota DPR RI Hendrik Sitompul Hadiri Peresmian Program BPBL, 894 Warga Terima Listrik Gratis 

by

GEOSIAR.COM, DELI SERDANG,- Anggota DPR RI Komisi VII dari Fraksi Partai Demokrat Drs Hendrik H Sitompul MM menghadiri acara peresmian Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) di Desa Rantau Panjang, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, Selasa (25/10/2022).

Bantuan ini merupakan program Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dengan penugasan kepada PT PLN (Persero) yang ditujukan untuk masyarakat tidak mampu Sebanyak 894 rumah tangga di Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara akan mendapatkan sambungan listrik gratis.

Informasi yang diterima Redaksi Geosiar.com, Rabu (26/10/2022) menjelaskan, Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, sebanyak 5.600 rumah tangga di provinsi Sumatera Utara akan mendapatkan bantuan dari pemerintah melalui program ini.

“Hingga 14 Oktober 2022 telah tersambung sebanyak 292 rumah tangga di Provinsi Sumatera Utara. Kementerian ESDM dan PLN berkomitmen untuk menuntaskan penyelesaian penyambungan listrik, program ini hingga akhir tahun anggaran 2022,” kata Jisman.

Selain Anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Hendrik Sitompul, juga hadir Wakil Bupati Deli Serdang H.M. Ali Yusuf Siregar, GM PLN UIW Sumut Tonny Bellamy, EVP Pelayanan Pelanggan Retail Mohammad Munief Budiman, serta masyarakat penerima manfaat program BPBL di Deli Serdang.

Seperti diketahui, program BPBL merupakan sinergi antara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan DPR RI sebagai upaya meningkatkan rasio elektrifikasi.

Kementerian ESDM menugaskan PLN untuk melaksanakan kegiatan pengadaan dan pemasangan BPBL Tahun Anggaran 2022 dengan target 80.000 sambungan diseluruh Indonesia.

Hendrik Sitompul mengatakan, BPBL merupakan salah satu program prioritas yang mendapat perhatian serius dari Komisi VII DPR RI karena memberi dampak langsung kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya yang kurang mampu.

“Pada tahun 2022, terdapat 80.000 rumah tangga yang mendapat sasaran program bantuan pasang baru listrik termasuk
di Provinsi Sumatera Utara,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama M. Ali Yusuf Siregar mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Kementerian ESDM khususnya Ditjen Ketenagalistrikan, Komisi VII DPR RI, dan PLN yang telah memberikan perhatian dan kepedulian pada Kabupaten Deli Serdang.

“Diharapkan dengan program BPBL ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, meningkatkan taraf hidup yang lebih baik, dimanfaatkan sebaik-baiknya, gunakan dengan aman dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya” kata Ali.

Munief Budiman mengucapkan terima kasih kepada Kementerian ESDM dalam hal ini Ditjen Ketenagalistrikan yang memberikan kepercayaan kepada PLN untuk penugasan program BPBL.

Tiga warga penerima bantuan BPBL di Deli Serdang yakni Yanti (45), Marwiyah (41), dan Hasnah (70) mengaku senang mendapatkan bantuan listrik gratis ini.

“Saya senang bisa mendapatkan listrik, semoga kedepannya semua warga bisa merasakan listrik yang lebih lagi,” ujar Yanti, Ibu dua anak.

Marwiyah yang bekerja sebagai nelayan ini biasanya menyalur listrik dari rumah tetangganya kini memiliki meter listrik sendiri. Ia mengucapkan terima kasih atas listrik gratis yang diberikan oleh pemerintah.

“Saya sangat senang atas bantuan listrik gratis ini,” ujar Marwiyah.

Hasnah, nenek yang tinggal sendirian jugau mengangguk dan tersenyum ketika ditanya perasaannya setelah memperoleh listrik gratis dari pemerintah.(red/cno)