Jelang Porprov, KONI Padang Sidempuan Proteksi Seluruh Atlet dalam Program Jamsostek

by

GEOSIAR.COM, SIDIMPUANP,- Ribuan atlet bakal bersaing merebut prestasi terbaik pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Utara 2022 yang bakal berlangsung di Kota Medan pada 29 Oktober – 5 November 2022.

Ketua KONI Kota Padang Sidimpuan H. Syaiful Jamil Hasibuan mengungkapkan pihaknya tak henti hentinya mendorong agar atlet dapat membawa harum nama Kota Padang Sidimpuan.

Persaingan ketat untuk menjadi juara, lanjut dia, membuat para atlet berjuang mati-matian tanpa memikirkan resiko yang tak jarang mengalami cedera.

Oleh karena itu, pihaknya telah mendaftarkan seluruh atlet mengikuti program Jamsostek sebagaimana Undang undang No 24 tahun 2011 tentang BPJS.

“Tidak hanya menuntut prestasi, namun diiringi perlindungan ,” ungkap dia.

“Tahun depan kita rencanakan lebih besar lagi,” jelas Syaiful Jamil Hasibuan di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Jalan Imam Bonjol no 34 Aek tampang Padang Sidimpuan belum lama ini sebagaimana keterangan tertulis Jamsostek Sidimpuan kepada pers, Sabtu (22/10/2022).

Lantas tahun 2023, pihaknya berencana untuk melindungi ribuan atlet dalam program Jamsostek.

“Kita berupaya keras untuk perlindungan itu. Yang penting, jangan ragu lagi untuk bertanding, ayo raih prestasi, salam olahraga,” pungkas Syaiful berapi-api.

Terpisah, Wakil Ketua KONI Padang Sidempuan Rahuddin Harahap, SH, MH mengatakan bahwa para Atlet merupakan bagian dari Asset Pemerintah Kota Padang Sidimpuan yang harus dibina dan dilatih untuk meraih prestasi baik Provinsi maupun dalam pentas nasional.

Salah satu upaya memotivasi adalah lewat masuknya perlindungan Jaminan Sosial bagi para Atlet.

“Para Atlet harus memiliki perlindungan dan perhatian yang lebih, karena mereka merupakan Asset pemko, yang akan membuat bangga dan harum Kota Sidimpuan,” ujarnya.

Sementara itu Kepala BPJS Ketenagakerjaan cabang Padang Sidimpuan Dr Sanco Simanullang ST MT IPM ASEAN Eng mengungkapkan, Negara hadir lewat Program Jamsostek untuk memberikan perlindungan dan jaminan sosial apabila atlet mengalami musibah ringan maupun berat.

“Akan dilindungi dan di jamin oleh Negara bilamana mengalami musibah selama bertanding,” ungkapnya sembari menyebut, Jamsostek memanjakan peserta dengan memberikan pelayanan kecelakaan kerja tanpa batas pembiayaan, bahkan jaminan kematian bagi pesertanya.

“Atlet juga bagian dari pekerja profesional di bidang olahraga. Salut kepada KONI Padang Sidimpuan berkenan untuk pembiayaan iuran,” terang Sanco.

Diutarakanya kedepan, bukan hanya jaminan kecelakaan kerja dan kematian, namun penting juga di beri iuran untuk mendapatkan jaminan hari tua, sebagai bentuk penghargaan bagi atlet.

“Semoga kedepan dapat ditingkatkan ikut jaminan hari tua dan jaminan pensiun,” harap Sanco (red/rel)