Angin Puting Beliung Rusakkan 39 Rumah di Sergai

by

GEOSIAR.COM, SERGAI,- Angin kencang disertai hujan yang melanda sejumlah kecamatan di Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) mengakibatkan 39 warga mengalami rusak.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu namun, tiga orang warga mengalami luka ringan saat hujan yang menguyur pada Selasa (18/10/2022) malam.

“Telah terjadi bencana alam berupa hujan deras disertai angin kencang (puting beliung) pada hari Selasa malam di beberapa Kecamatan di Kabupaten Serdang Bedagai menyebabkan kerusakan pada sejumlah rumah warga,” ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik, BPBD Sergai, Marnangkok Gultom, Rabu (19/10/2022).

Marnangkok mengatakan 39 rumah warga yang rusak berada di tiga kecamatan. Terbanyak kata dia berada di Kecamatan Sei Bamban.

“Sejauh ini data sementara ada 39 rumah dan ada tiga warga terluka akibat peristiwa itu dan sudah kita rujuk ke rumah sakit dan puskesmas yang ada,” ujarnya.

Peristiwa hujan deras dan angin kencang yang melanda sebagian kawasan di Sergai terjadi pada Selasa malam sekitar pukul 22.00 WIB.

Marnangkok menyebut, sebagian rumah yang rusak karena atap rumah terbang terbawa angin. Untuk sementara pihaknya pun telah membuka posko sementara untuk dapat membantu warga.

“Untuk saat ini pendataan masih terus dilakukan,” kata dia.

Berikut sebaran rumah warga yang rusak di tiga Kecamatan di Kabupaten Serdang Bedagai :

Kecamatan Perbaungan 11 rumah, diantaranya Desa Sei Nagalawan 6 rumah,
Desa Citaman Jernih 4 rumah, Desa Melati II, 1 rumah.

Kecamatan Sei Rampah, 1 rumah di Desa Cempedak Lobang.

Kecamatan Sei Bamban: 27 rumah, diantaranya Desa Bakaran Batu 5 rumah,
Desa Sei Bamban 21 rumah
Desa Pon 1 rumah. (LS)