80% Anggaran Pembangunan IKN dari Investasi

by

GEOSIAR.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap mayoritas anggaran pembangunan IKN berasal dari investor. Pemerintah hanya menyiapkan anggaran 20% saja dalam pembangunan IKN.

“Jadi Nusantara adalah masa depan Indonesia dan bisa terwujud dengan upaya bersama bukan hanya pemerintah yang bergerak bukan hanya pemerintah. Karena memang pemerintah hanya kurang lebih menyiapkan 20% dari budget yang ada 80% kita berikan kesempatan kepada investor kepada investasi,” ujar Jokowi dalam sambutannya di Djakarta Theater, Selasa (18/10/2022).

Kepala Negara mengatakan bahwa para investor bisa dengan bebas memilih kawasan mana yang ingin diinvestasikan di IKN Nusantara. Namun, dirinya mengingatkan setiap wilayah memiliki harga yang berbeda.

“Investasi terbuka lebar bapak ibu bisa pilih mau di mana mau investasi di sebelah mana mau dikawasan inti ya harganya beda di financial center, di kawasan health care center di kawasan education center, di housing area, di tourism area silahkan,” kata Jokowi.

Menurutnya, IKN adalah kesempatan emas bagi para investor untuk ikut serta membangun ibu kota baru Indonesia. Bahkan, katanya, bisa menjadi catatan sejarah bila pembangunan IKN Nusantara berjalan dengan baik.

Saya sampaikan ini adalah kesempatan pertama dan kesempatan emas yang tidak akan terulang lagi. Inilah saatnya mencatat sejarah Indonesia dan inilah saatnya melakukan lompatan inilah saatnya kita semua menjadi pelaku sejarah Indonesia masa depan,” kata Jokowi.

Dia pun berharap dengan dukungan para investor, pembangunan IKN Nusantara dapat diselesaikan dengan cepat. Dan dirinya bermimpi bisa menyelenggarakan upacara 17 Agustus di IKN Nusantara.

Dan dengan upaya kita bersama dengan semangat gotong royong kita bersama saya yakin 17 Agustus 2024 kita bisa merayakan bersama-sama di Nusantara,” harapnya.(red/oz)