Pimpin Apel Operasi Zebra, Kombes Valentino Fokus Penertiban Kendaraan Lakalantas

by

GEOSIAR.COM, MEDAN,- Kapolrestabes Medan, Kombes Valentino Alfa Tatareda pimpin apel gelar pasukan Operasi Kewilayahan Zebra Toba 2022 di Mapolrestabes, Jalan HM Said Medan, Senin (3/10/2202).

Kegiatan itu untuk cipta kondisi di bidang kamseltibcarlantas menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Kapolretabes Medan, Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda dalam sambutanya, saat ini tengah fokus melakukan penertiban kendaraan bermotor yang ada di wilayah hukum Polrestabes Medan mengingat banyaknya lakalantas yang terjadi akibat ugal-ugalan di jalan raya.

Turut Hadir Dandim 0201/Medan Kolonel Inf Ferry Muzawwad SIP MSi, Wakapolrestabes Medan Dr Yudhi Hery Setiawan SIK MSi, Kejari Medan Wahyu Sabrudin, SIP SH MH, Kabag SDM Polrestabes Medan AKBP Samsidar Br Tambunan, Kasat Intelkam Polrestabes Medan AKBP Ahyan, SSos MM, Kasat Lantas Polrestabes Medan, AKBP Sonny Wilfrid Siregar SH, Kasat Sabhara Polrestabes Medan Kompol Pardamean Hutahean SH SIK dan pejabat lainnya.

Kombes Valentino menambahkan, pelaksanaan Operasi Zebra 2022 ini lebih mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif.

“Artinya tidak ada penegakkan hukum secara stationer, penegakkan hukum lalu lintas dilakukan secara ETLE,” papanya.

Selanjutnya, ada tujuh prioritas pelanggaran dalam Operasi Zebra tersebut, pengemudi atau pengendara ranmor yang menggunakan ponsel saat berkendara, pengemudi atau pengendara ranmor yang masih di bawah umur.

Kemudian Pengemudi atau pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu, pengemudi atau pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm atau tidak menggunakan sabuk pengaman.

Pengemudi atau pengendara ranmor dalam pengaruh atau mengkonsumsi alkohol, pengemudi atau pengendara ranmor yang melawan arus dan pengemudi atau pengendara ranmor yang melebihi batas kecepatan.

“Artinya masyarakat bisa menjadi pelopor keselamatan berlalulintas di jalan raya. Dan seluruh mematuhi aturan yang ada dalam mengendarai sepeda motor dan mobil,” tandas Kombes Valentino. (rel)