Kakek 70 Tahun Ini, 4 Tahun hanya Bisa Terbaring Sakit Tanpa Perobatan

by

GEOSIAR.COM, MEDAN – Miris, Hamad Bakti Lubis (70) hanya bisa terbaring di tempat tidurnya karena terkena strok selama 4 tahun belakangan ini. Mantan sopir truk ini tak bisa bergerak kemana – mana dikarenakan penyakit lumpuh yang dideritanya

“Bahkan untuk buang air kecil saja sulit dikarenakan tidak bisa bergerak tanpa ada pegangan dan kursi roda untuk digunakan sehari – hari ” jelas istrinya, Nely (58) yang setia merawatnya di rumahnya di pinggiran rel kereta Api, di Lingkungan IV, Mabar Pajak Sore, Kecamatan Medan Deli, Jum’at (30/09/2022).

Menurut Nely, awalnya mereka terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. Tapi, karena 4 tahun terakhir ini, suaminya sakit, jadi, tidak ada biaya untuk membayar iuran BPJS Kesehatan itu. Akibatnya, mereka pun harus menunggak pembayaran iuran BPJS Kesehatan itu.

Hal itulah yang menyebabkan Nely tak bisa membawanya berobat ke rumah sakit.

“Saya belum pernah membawa suami saya untuk berobat, karena kami dari keluarga kurang berada. Mana ada duit kami untuk membawa pak Hamad Bakti Lubis berobat,” ujar Nely.

Jangankan untuk membayar iuran BPJS Kesehatan, Nely mengatakan untuk biaya makan sehari- hari saja pun mereka kesulitan. Maklum saja, setelah suaminya lumpuh, Nely lah yang menjadi penopang ekonomi keluarga.

Saat ini, Nely bekerja sebagai pelayan di warung nasi dengan upah yang tidak besar.

“Sementara untuk biaya makan sehari – hari dan keperluan lainnya saja kami kelabakan mencari duit,” ungkap Nely dengan mata berkaca- kaca.

Sayangnya, walau tergolong sebagai kurang yang tak mampu, namun keluarga Hamad Bakti Lubis tidak mendapatkan kartu BPJS Kesehatan gratis.
Padahal, Hamad Bakti Lubis sangat membutuhkan BPJS Kesehatan itu.
Kini, Hamad Bakti Lubis sangat membutuhkan perhatian Walikota Medan, Bobby Nasution dan uluran tangan para dermawan agar dia bisa berobat.

“Saya akan sangat bersyukur bila Pak Walikota Medan mau membantu kami dan bila ada dermawan yang mau bantu, seperti memberikan kursi roda dan lainnya, saya juga akan sangat berterima kasih,” pungkasnya sembari meneteskan air mata.(red)