Kejaksaaan Negeri Sergai Selamatkan Kerugian Negara Rp 625 Juta, dari Kasus Korupsi

by

GEOSIAR.COM, SERGAI,- Kejaksaan Negeri Serdangbedagai (Sergai) menerima pengembalian uang korupsi dana perbaikan jalan Mata Pao Pekan Sialang Buah, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Sergai, senilai Rp 640 juta.

Menurut Kepala Kejaksaan Sergai, M Amin SH,MH, pengembalian uang korupsi tersebut diserahkan oleh keluarga dari tersangka Khairul Amri yang saat ini sedang menjalani sidang di pengadilan Tipikor Medan.

“Saat ini Kejaksaan Sergai telah menerima pengembalian uang dana korupsi perbaikan jalan Mata Pao sebesar Rp 500 juta yang diserahkan oleh keluarga tersangka,” ujar Amin, Kamis (29/9/2022) di Sei Rampah.

Kajari mengatakan, pengembalian dana korupsi sudah dilakukan secara bertahap sebanyak tiga kali. Uang tersebut kemudian dititipkan ke bank Mandiri sebelum nantinya diserahkan ke kas daerah.

“Sudah tiga kali dilakukan pengembalian yakni sebesar Rp 75 juta, kemudian ke dua Rp 50 juta dan pada hari ini ada Rp 500 juta. Kemudian uang ini akan dititipkan di bank Mandiri,” ujar Amin.

Pengembalian uang korupsi tersebut dilakukan tersangka dengan harapan dapat mengurangi masa tahanannya.

“Bahwa selanjutnya sisa kerugian keuangan negara tersebut telah dilakukan pembayaran secara lunas pada hari ini,” sebut Amin.

Sebelumnya Khairul Amri selaku Direktur PT Duta Cahaya Deli (DCD) ditetapkan sebagai tersangka korupsi peningkatan Jalan Matapao-Pekan Sialang Buah tahun anggaran tahun 2017 dengan besaran anggaran Rp 13 milliar.

Dalam proses pekerjaan jalan Mata Pao ditemukan ketidaksesuaian proses penyediaan barang dan jasa sesuai kesepakatan kontrak kerja yang merugikan uang negara.(LS)