Puluhan Omak Omak Tolak Hasil Pemilihan Kepling

by

GEOSIAR.COM, TEBING TINGGI,- Puluhan omak – omak dari beberapa lingkungan di Kota Tebingtinggi melakukan aksi unjukrasa untuk menolak terkait pemilihan Kepala lingkungan ke kantor DPRD Kota Tebingtinggi, Selasa (27/09/2022).

Massa yang mengaku tergabung dalam Forum Masyarakat Bersatu Kota Tebingtinggi diterima Ketua DPRD Basyaruddin Nasution, wakil Ketua Iman Irdian Saragih dan Kapolres AKBP Moch Kunto Wibisono di depan pintu masuk kantor DPRD, selanjutnya ruang Paripurna DPRD.

Dalam orasi massa Forum Masyarakat Bersatu Kota Tebingtinggi disebutkan, mereka merasa resah terhadap hasil keputusan pemilihan Kepling karena diduga dalam pemilihan tersebut tidak mempertimbangkan aspek keadilan untuk masyarakat.

” Mereka menyebut batalkan dan tunda hasil pemilihan Kepling dan tinjau kembali Perwa Tebingtinggi No 16 tahun 2019 tentang pengangkatan dan pemberhentian Kepling dan dilakukan pemilihan Kepling secara langsung.

Di ruang sidang paripurna, turut menerima massa pengunjukrasa, anggota DPRD Kaharudin Nasution, Iman Ansyori Nasution dan Abdul Rahman.

Menyikapi keluhan dan aspirasi para emak – emak, Ketua DPRD Basyaruddin Nasution menyampaikan, keresahan masyarakat saat ini, merupakan keresahan mayoritas anggota DPRD dan akan dibahas.

“Aspirasi masyarakat akan diperjuangkan DPRD dan sudah 2 minggu yang lalu masalah Kepling menjadi pembahasan DPRD. Apa yang dilakukan DPRD adalah komitmen bersama masyarakat,” ujar Basyaruddin Nasution.

UU Kepling tidak ada yang mengatur, DPRD akan konsultasi ke Mendagri, apakah Pemilihan Kepling dapat dilakukan secara langsung atau tidak, jelas Ketua DPRD Tebingtinggi sembari mengatakan DPRD akan menyurati Wali Kota untuk menunda pengumuman hasil Kepling.

Sementata itu, Wakil Ketua DPRD Imam Irdian Saragih selaku koordinator menambahkan bahwa masalah Kepling menjadi pembahasan Komisi 1 DPRD Kota Tebingtinggi.