Konversi Kompor Listrik Ditunda Di 2022

by

GEOSIAR.COM – Program konversi kompor gas ke kompor listrik resmi ditunda dan tidak akan dilaksanakan pada tahun 2022.

“Pemerintah belum memutuskan terkait program konversi kompor LPG 3 kilogram menjadi kompor listrik induksi,” jelas Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, bersama Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, di Jakarta, Jumat (23/9/2022).

Beban daya PLN membludak, program penggantian fungsi kompor gas ke kompor listrik yang rencananya akan direalisasikan tahun ini ditunda, setelah diperjelas oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto.

Berkaitan dengan hal ini, Airlangga mengklaim, pemerintah senantiasa menerima masukan tidak terkecuali dari masyarakat. Bahkan, pemerintah juga memantau suara masyarakat di media.

“Dapat dipastikan program ini tidak akan diberlakukan di tahun 2022. Sampai saat ini pembahasan anggaran dengan DPR terkait dengan program tersebut belum dibicarakan dan tentunya belum disetujui,” ucap beliau, dikutip dari Warta Ekonomi.

Menteri BUMN Erick Thohir sempat mengatakan kompor gas masih bisa digunakan dan dijual. Namun demikian, kompor gas hanya disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

“LPG bukan berarti kita harus menghilangkannya, tidak mungkin. Tapi kita harus menyeimbangkannya,” tutur Erick pada Jumat 23 September 2022 lalu di Pasar Murah Purwakarta, Jawa Barat.

Program kompor listrik hingga kini masih terus dilakukan uji coba menggunakan 2.000 prototipe dari rencana total 300.000.

Pemerintah terus memperhatikan kepentingan rakyat dalam program konversi ini.

“Pemerintah akan menghitung dengan cermat segala biaya dan risiko, memperhatikan kepentingan masyarakat, serta mensosialisasikan kepada masyarakat sebelum program diberlakukan,” tegas Arifin Tasrif