Aksi Demo Aliansi Serikat Pekerja Buruh Bersatu Sergai, Tuntut Pembatalan Kenaikan BBM

by

GEOSIAR.COM, SERGAI,- Ratusan buruh yang tergabung dalam Aliansi Serikat Pekerja Buruh Bersatu Serdang Bedagai (ASPBB-SB) menggelar demonstrasi damai di depan Kantor Bupati Kabupaten Sergai, Senin (26/9/2022).

ASPBB-SB terdiri dari Serikat Buruh Sejahtera Seluruh Indonesia 1992 (SBSI 1992), Federasi Serikat Pekerja Pertanian dan Perkebunan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSPPP-SPSI), Federasi Serikat Pekerja Transport Indonesia Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSPTI KSPI), Perhimpunan Buruh Perkebunan Independen (PERBUNI), Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Organisasi Serikat Pekerja Kayu Karya Mandiri (OSPKKM).

Dalam tuntutannya, massa ASPBB-SB menolak kenaikan dan turunkan kembali harga BBM, cabut dan batalkan UU Cipta Kerja No 11 Tahun 2020, hapuskan sistem buruh kontrak dan outsourcing, turunkan harga-harga kebutuhan pokok, naikkan upah 15 % dan buat pasar murah untuk buruh dan pekerja Sergai.

Agan Surya Tanjung didampingi Gober Hermanto dan M Lui Nasution mengatakan, agar buruh bisa bertahan hidup khususnya di Sergai, maka kita menuntut kenaikan upah.

Setelah berorasi, Wakil Bupati Sergai Adlin Tambunan langsung menerima massa aksi yang didampingi Sekda Faisal Hasrimy dan Kapolres Sergai AKBP Dr Ali Machfud dan menyampaikan mengatakan tuntutan massa aksi akan diteruskan ke pusat.

Usai menggelar demonstrasi damai di depan Kantor Bupati Sergai, massa aksi langsung menuju Kantor DPRD untuk menyampaikan tuntutan yang sama. Aksi berjalan aman dan tertib dengan pengamanan personel Polres Sergai dan Satpol PP. (LS)