Kunjungan Ke Pulau Samosir, Menkumham RI Prof. Yasonna H. Laoly, SH., M.SC., Ph.D, Apresiasi Program Kerja Kapolres Samosir

by

GEOSIAR.COM. SAMOSIR – Setelah melaksanakan beberapa agenda kerja bersama Pendeta di Parapat, Menkumham RI Prof. Yasonna H. Laoly, SH., M.SC., Ph.D, lakukan kunjungi di Pulau Samosir, dengan melakukan serangkaian kegiatan sosial di gereja HKBP Parbaba, Desa Hutabolon, kemudian dilanjutkan melihat situasi kondisi terkini di Lapas Kelas III Pangururan dan mengakhiri kunjungannya di Mako Polres Samosir, Jumat (16/09/2022).

Kedatangan Menkumham RI Prof. Yasonna H. Laoly, SH., M.SC., Ph.D, didampingi Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham RI Irjen (POL) Reynhard Silitonga, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Sumut Drs. Imam Suyadi,BC.I.P, SH Kakanwil Sumut.

Pada kunjungannya tersebutnya rombongan Menkumham RI Prof. Yasonna H. Laoly, SH., M.SC., Ph.D, didampingi Kapolres Samosir AKBP. Josua Tampubolon, SH, MH, bersama Yasonna Hamonangan Laoly Cycling Club (YHL CC), terlebih dahulu menjelajahi keindahan Danau Toba dengan bersepeda santai (gowes) di sepanjang jalan lintas lingkar Pulau Samosir, Simanindo – Pangururan, dan pit stop objek wisata Batu Hoda Beach.

Kemudian rombongan Menkumham RI tersebut melakukan kegiatan sosial di gereja HKBP Parbaba Desa Hutabolon Kec. Pangururan Kab. Samosir, yang disambut oleh Pareses HKBP Distrik VII Samosir Pdt. Rein Justin Gultom,S.Th,M.Th dan Pendeta HKBP Resort Parbaba Pdt. Tunggul Simanjuntak,S.Th.

Pada kunjungannya sosialnya di gereja HKBP Parbaba Menkumham RI Prof. Yasonna H. Laoly, SH., M.SC., Ph.D, menyampaikan,” terimakasih kepada amang Pareses, jemaat lansia dan juga kepada Kapolres Samosir selaku tuan rumah yang hadir menyambut kami disini. Sambil melaksanakan gowes dan menikmati panorama wisata, kami tiba disini tepatnya di HKBP Parbaba, untuk mengunjungi saudara warga masyrakat sekalian”, ujar Yasonna.

Perlu kami sampaikan bahwa,” kebijakan pemerintah dalam menaikkan BBM bukan bermaksud menyengsarakan rakyat, namun pemerintah memiliki kebijakan untuk mengalihkan BBM subsidi menjadi bantuan sosial”, jelasnya.

“Bahwa dampak perang Rusia dan Ukraina membawa persoalan menjadi besar, baik harga pangan dan Kenaikan BBM”.

Menkumham RI Prof. Yasonna H. Laoly, SH., M.SC., Ph.D, mengajak, ” mari sama-sama kita doakan agar kondisi secara internasional bisa terselesaikan dengan baik sehingga nantinya harga minyak bisa turun dan pemerintah akan mengusulkan kembali harga BBM terbaru. Ditengah situasi ekonomi global yang sangat sulit Pemerintah tetap berusaha menekan angka kemiskinan dengan memberikan bantuan-bantuan sosial kepada masyarakat”.

Menkumham RI Prof. Yasonna H. Laoly, SH., M.SC., Ph.D, juga mengatakan, “bahwa dikondisi pandemi Covid 19, salah satu negara yang sangat berhasil menekan angka Covid dan mempertahankan pertumbuhan ekonomi di angka 5,4 % adalah negara kita dan di Asean pertumbuhan ekonomi terbaik adalah Indonesia,” ungkapnya.

Bisa dikatakan,” bahwa Kebijakan yang diambil pemerintah dalam menangani Covid cukup baik. Mari tetap waspada,tetap kita hati-hati supaya penyebaran covid walaupun saat ini sudah sangat menurun. Program pelaksanaan vaksin di Indonesia berhasil dengan baik walaupun masih ada yang terkena covid itu hanya flu dan panas biasa dan nantinya kita bisa kembali ke situasi sebelum pandemi Covid”, pungkasnya mengakhiri sambutannya.

Kemudian Menkumham RI Prof. Yasonna H. Laoly, SH., M.SC., Ph.D, menyerahkan bantuan sosial berupa uang tunai sebesar Rp.25.000.000 (Dua puluh Lima juta rupiah), yang diterima langsung oleh Pareses HKBP Distrik VII Samosir Pdt. Rein Justin Gultom,S.Th,M.Th dan Pendeta HKBP Resort Parbaba Pdt. Tunggul Simanjuntak,S.Th.

Setelah melakukan kegiatan sosial tersebut Menkumham RI beserta rombongan, melakukan kunjungan di Lapas III Pangururan, yang disambut oleh Kalapas Pangururan Julius Barus, S.E, M.H. Melakukan pengecekan situasi dan Kondisi Lapas III Pangururan.

Selanjutnya Menkumham RI beserta rombongan tiba di Mako Polres Samosir dan disambut baik Kapolres Samosir beserta jajarannya.

Polres Samosir menyampaikan Program Unggulan Kapolres Samosir yakni Saturday is English Day

Pada sambutanny Kapolres Samosir AKBP. Josua Tampubolon, SH, MH, menyampaikan,” ucapan terimakasih kepada Menteri dan rombongan yang sudah berkenan hadir di Polres Samosir”, sambutnya.

“Bahwa Polres Samosir siap melayani dengan Kasih (K = Kreatif, A = Aksi, S = Santun, I = Integritas H = Humanis). Dimana Kabupaten Samosir mempunyai adat batak dengan sebutan dalihan natolu, somba marhulahula, elek marboru dan manat mardongan tubu, yang mana dalam menyelesaikan sebuah kasus lebih mengedepankan mediasi atau Restorative Justice”, terangnya.

Kapolres juga menyampaikan”, setiap masyarakat yang datang ke Polres maupun ke Polsek, kami mengedepankan untuk duduk bersama dengan menghadirkan 3 pilar yaitu; Kades, Kapolsek dan Danramil dengan tujuan agar setiap permasalahan tidak sampai ke Polres maupun ke Kejaksaan”, ungkap Josua.

“Dijelaskan juga dalam masa peningkatan Covid-19 di Wilayah Kab. Samosir, disetiap Desa di tempat Personil untuk melaksanakan Vaksin door to door”.

Hal tersebut membuktikan Polres Samosir mendapatkan penghargaan dari Bapak Kapolda, dimana dari 33 Kab/Kota se – Sumatera Utara, Kab. Samosir mendapat vaksinasi tertinggi, tercepat dan paling kreatif, serta 2 kali mendapat penghargaan di bidang Humas”, jelas Kapolres.

“Dalam rangka meningkat pengetahuan setiap Personil, setiap hari sabtu, Polres Samosir melaksanakan Saturday is English Day”.

Kapolres Samosir juga mengungkapkan,” bahwa kedatangan Menteri ke Polres Samosir, akan memberikan motivasi kepada kami untuk terus bekerja dengan sungguh – sungguh untuk melayani masyarakat”, ungkap Josua.

Sedangkan Menkumham RI Prof. Yasonna H. Laoly, SH., M.SC., Ph.D, pada sambutannya menyampaikan,” sangat bangga bertemu dengan teman – teman Polres Samosir, yang mampu memanfaatkan situasi Pandemi dengan melatih anak – anak sekolah minggu dan para komunitas untuk tetap berkreasi,” sahutnya.

“Mengapresiasi Polres Samosir atas pencapaian sebagai Kabupaten tertinggi dalam melaksanakan Percepatan Vaksinasi Covid-19″.

Dalam hidup ada 4 L yang harus dipedomani yaitu : To Live, To Love, To Learning, keep learning keep growing”, terang Yasonna.

“Sangat bangga kepada Personil Polres Samosir, yang cukup baik dalam berbahasa Inggris, mari belajar dan belajar karena Kab. Samosir masuk dalam Super Prioritas Pariwisata Nasional”.

Yasonna juga apresiasi Kapolres Samosir”, terimakasih kepada Kapolres Samosir yang dalam menyelesaikan masalah menggunakan cara Restorative Justice dan Dalihan Natolu seperti program Presisi Kapolri. Mendorong agar jajaran Polres Samosir tetap semangat dan bekerjalah dengan dengan hati.
Mari kita belajar untuk mencapai mimpi,” ajak Yasonna.

Sebelum meninggalkan Pulau Samosir, Menkumham RI beserta rombongan, didampingi Kapolres Samosir berangkat dari Mako Polres Samosir, menuju Bukit Sibeabea, Desa Turpuk Sihotang Kec. Harian Kab. Samosir.(SS).