Audiensi dengan Bupati Samosir, Serdang Bedagai Tawarkan Kerjasama Bidang UMKM, Pariwisata dan Kesehatan

by

GEOSIAR.COM, SAMOSIR – Bupati Samosir Vandiko T. Gultom menyambut baik audiensi Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Serdang Bedagai dalam rangka meningkatkan kerja sama Kabupaten Samosir dan Kabupaten Serdang Bedagai di Bidang UMKM, Pariwisata dan Kesehatan, yang bertempat di Lobi Ruang Bupati Samosir, Senin (12/09/2022).

Hadir bersama Tim Percepatan Pembangunan Serdang Bedagai ( TPP Sergai), Ketua TPP Sergai Budi SE, MM, Anggota Tonggo Napitupulu, Johnny Silaban, Tahizy Sumalim, Kadis Perindag Sergai Roy Pane, Kabag Kerja Sama Setdakab Sergai Torangjo Situmorang, Direktur PT. Akbar Rimba, Founder MiDi, Founder Toba Wine Coffee Sutrisno, Ketua Masyarakat MIGI (Masyarakat Ikan Gabus Indonesia) Yunan Rhedian, Dewan UMKM Sergai Riswan, Praktisi Pariwisata Kab. Samosir Reinhard Sidabutar.

Ketua TPP Sergai Budi SE, MM mengawali sambutannya menyampaikan,” apresiasi dan rasa bangga bisa diterima oleh Pemerintah Kabupaten Samosir, terutama bisa menjalin kerja sama antar kedua pemerintah daerah dalam peningkatan produktivitas dan pemasaran UMKM”, sambutnya.

Lebih lanjut, disampaikan bahwa Kabupaten Samosir sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas mempunyai potensi yang besar untuk menarik minat wisatawan, untuk itu beliau menawarkan adanya kerja sama dalam menjadikan Ikon Produk UMKM unggulan daerah sebagai kebijakan peningkatan PAD untuk Kabupaten Samosir dan Kabupaten Serdang Bedagai”, jelasnya.

Sebagai salah satu daerah pertanian, dengan sentra produksi komoditi kopi, Kabupaten Samosir memiliki peluang untuk menghasilkan produk unggulan dan produk turunan dari kopi yang mampu menjadi ikon pariwisata dan masyarakat Samosir, yang kemudian berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

Selain terbangunnya kerja sama dalam UMKM dan Pariwisata, sebagai “saudara kembar” yang dimekarkan dari Undang-Undang yang sama, beliau juga mengajak adanya kerja sama dan komitmen dalam mempercepat pencapaian target penurunan stunting menjadi 14 persen pada tahun 2024 melalui Peningkatan Pangan Lokal berupa ekstra gabus, yang akan dikerjakan oleh kedua daerah dan dibantu oleh Masyarakat Ikan Gabus Indonesia (MIGI).

Sementara itu, Bupati Samosir dalam sambutannya mengatakan,” menyambut baik kehadiran Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Serdang Bedagai dalam menjalin kerja sama dengan Pemerintah kabupaten Samosir”.

“Setelah situasi pandemi selesai, kita harus mempersiapkan percepatan pertumbuhan perekonomian, yang harus kita akselerasi, dan untuk percepatan ini tidak bisa dilakukan sendiri, untuk itu perlu kerja sama antara pemerintah dengan seluruh stakeholder serta menggandeng masyarakat”, ungkap Bupati Samosir..

Bupati juga menjelaskan perlunya terbangun sinergisitas antar daerah, terutama daerah sesama Sumatera Utara, untuk saling mengisi agar percepatan peningkatan pertumbuhan ekonomi dapat segera tercapai.

Beliau juga mengajak seluruh jajarannya untuk dapat berkordinasi dengan Pemkab Sergai dan TPP Sergai untuk mengkaji lebih lanjut hubungan kerja sama tersebut.

“Pada intinya kami terbuka untuk menjalin kerja sama dengan seluruh stakeholder dan investor yang ingin membantu peningkatan perokonomian di Samosir, saya juga menekankan agar setiap kerja sama dan usaha yang akan dijalankan untuk mengikuti seluruh regulasi dan tidak melanggar aturan, dan yang paling utama adalah agar masyarakat wajib dilibatkan” tutup Bupati Vandiko.

Turut hadir Sekdakab Hotraja Sitanggang, Tim Bupati Percepatan Pembangunan Samosir, dan Pimpinan OPD. (SS)